Notification

×

Iklan

Wabup Agam Hadiri Kongres Bundo Kanduang se-Dunia 2022

Minggu, 04 Desember 2022 | 09:18 WIB Last Updated 2022-12-04T02:19:02Z

 Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, hadiri kongres Bundo Kanduang se-dunia, di Istano Basa Pagaruyuang.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri hadiri kongres Bundo Kanduang se-dunia, tahun 2022, di Istano Basa Pagaruyuang, Sabtu (3/12/2022).

Ketua TP PKK Tanah Datar, Ny Lise Eka Putra, selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mencapai terwujudnya kedudukan, peranan dan fungsi perempuan serta generasi muda sesuai tatanan adat budaya Minangkabau.

Meningkatkan pemahaman dan pengamalan ABS-SBK, serta untuk mewariskan adat budaya dan memperkuat kedudukan Bundo Kanduang di lingkungan keluarga, kaum dan juga di tengah-tengah masyarakat.

Dikatakan, kongres pertama Bundo Kanduang se-Dunia tahun 2022, diikuti lebih kurang 1.000 peserta Bundo Kanduang.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Eka Putra berharap, dalam acara kongres Bundo Kanduang ini bisa menghasilkan sebuah produk yang bisa ditinggalkan di Tanah Datar. Salah satu diantaranya adalah didirikannya museum Bundo Kanduang.

Hal serupa diutarakan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy yang berharap kongres ini dapat menghasilkan sesuatu yang produktif, yang bisa diwariskan untuk generasi muda.

Menurutnya, dengan perkumpulan Bundo Kanduang ini, maka akan mempermudah memperkenalkan adat istiadat, budaya, dan tradisi Minangkabau kepada generasi muda dan saudara seluruh Indonesia bahkan di dunia. (vn)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update