Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sepanjang 2022, Pemkab Solsel Bagikan 19.464 Seragam Sekolah Gratis

Kamis, 29 Desember 2022 | 07:14 WIB Last Updated 2022-12-29T00:14:09Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, didampingi wabup Yulian Efi bagikan seragam sekolah gratis pada pelajar SMA.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan membagikan 19.464 pasang seragam gratis untuk peserta didik baru di 2022 ini. 

Siswa yang mendapatkan seragam baru ini mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK, serta lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama dan swasta. 

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan pembagian seragam ini merupakan upaya pemerintah kabupaten untuk memajukan pendidikan. 

Peserta didik ini nantinya akan menjadi masa depan Solok Selatan, yang akan menjadi generasi selanjutnya untuk memajukan daerah. 

"Pemerintah bertanggungjawab untuk mempersiapkan generasi Solok Selatan yang berkualitas. Kami yakin dalam 20-30 tahun ke depan, anak-anak ini akan yang akan menjadi pemimpin, yang akan menjadi bupati, gubernur, dan mengisi jabatan lainnya," kata Khairunas saat membagikan seragam gratis di SMA N 1 Solok Selatan, Rabu (28/12/2022). 

Kegiatan pembagian seragam ini merupakan tahun kedua di bawah kepemimpinan Khairunas dan Yulian Efi. Namun tahun ini cukup berbeda dan jumlah seragam yang dibagikan pun lebih banyak karena sudah berkembang ke SLTA serta lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama dan swasta. 

Secara rinci, jumlah seragam yaang dibagikan untuk jenjang SD dan SMP sebanyak 9.696 pasang. Kemudian tahun ini juga diberikan seragam kepada siswa SMA/SMK sebanyak 4.750 pasang. 

Sedangkan untuk siswa yang bersekolah di MI/Mts/MA dan swasta akan menerima sebanyak 5.018 pasang seragam, yang penyerahannya direncanakan pada peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag pada awal Januari mendatang. 

Tahun ini pemerintah juga mengucurkan dana beasiswa untuk siswa dan mahasiswa kurang mampu dan atau berprestasi di Solok Selatan. 

Untuk siswa SMA dan sederajat pemerintah memberikan beasiswa senilai Rp258 juta untuk 129 siswa, masing-masing mendapatkan Rp2 juta. 

Kemudian senilai total Rp585 juta untuk 117 orang mahasiswa perguruan tinggi yang berasal dari Solok Selatan yang per orang menerima Rp5 juta. 

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengapresiasi langkah pemerintah kabupaten dalam memberikan dukungan pendidikan guna peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang telah dilakukan sejak 2021. 

"Sektor pendidikan tidak hanya memperbaiki kualitas guru dan siswa tapi juga bagaimana meringankan beban orang tua. Saya rasa ini yang pertama dan satu-satunya di Sumatera Barat untuk pemberian seragam gratis untuk tingkat SMA. Kita bersama patut berbangga karena program pemerintah kita banyak dicontoh oleh pemerintah kabupaten lainnya di Sumatera Barat," paparnya. 

Dia menegaskan diharapkan juga ke depan di Solok Selatan tak ada lagi siswa yang putus sekolah lantaran tak ada lagi biaya. 

Pembagian seragam gratis pada hari ini dilakukan di SMA N 3 Solok Selatan untuk lembaga pendidikan sederajat yang berlokasi di Kecamatan Sangir. 

Kemudian dilanjutkan di SMA N 1 Solok Selatan untuk sekolah sederajat yang ada di Kecamatan Sungai Pagu, Pauh Duo, dan Koto Parik Gadang Diateh. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update