Notification

×

Iklan

Satukan Langkah Cegah HIV Semua Setara Akhiri AIDS

Sabtu, 03 Desember 2022 | 04:00 WIB Last Updated 2022-12-02T23:20:26Z

Memperingati hari AIDS di Kabupaten Solok.

Solok, Rakyatterkini.com - Bupati Solok, diwakili Aisten I Syahrial, menghadiri kampanye HIV AIDS dalam rangka peringatan hari Aids Sedunia, di Gor Batu Batupang Koto Baru. Kamis 1 Desember 2022.

Kadis Kesehatan Zulhendri mengucapkan syukur atas kesempatan untuk bertemu dalam acara kampanye HIV AIDS dalam rangka peringatan Hari AIDS sedunia tahun 2022 dengan mengusung tema 'Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS'.

Dijelaskan  sejak 1988 HIV AIDS masih menjadi musuh besar kesehatan baik di dunia dan di Indonesia. 1 Desember disepakati menjadi hari untuk memperingati Hari AIDS Sedunia yang bertujuan untuk mengingatkan pentingnya peran dan komitmen pemangku daerah dalam upaya penanggulangan HIV AIDS.

Indonesia melalui Kementerian Kesehatan secara tegas menyatakan epidemi HIV AIDS di Indonesia harus selesai pada 2030, dan diharapkan tidak ada kasus baru HIV AIDS, tidak ada kematian akibat AIDS, dan tidak ada stigma dan diskriminasi pada ODHA atau yang dapat disebut dengan “3 Zero”.

Di Indonesia data sampai akhir Juni tahun 2022 sekitar 85 persen Orang Dengan HIV/AIDS (ODHIV) berada pada usia produktif antara usia 20 – 49 tahun.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat, khususnya perempuan, anak, dan remaja, dalam mencegah infeksi dan penularan HIV-AIDS.

Disamping itu kegiatan ini juga bertujuan  untuk menggerakkan perempuan dan remaja untuk secara aktif melakukan upaya pencegahan infeksi dan penularan HIV-AIDS bagi diri dan lingkungannya serta meningkatkan keberpihakan dan kesetaraan dalam menyediakan layanan pencegahan, tes, dan pengobatan HIV-AIDS berkualitas untuk semua orang Meningkatkan penggerakan sumber daya dalam mengakhiri AIDS sebagai ancaman kesehatan masyarakat di Indonesia. 

Untuk itu tentu diperlukan dukungan semua pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan tersebut, baik oleh pemerintah Pusat dan daerah, akademisi/praktisi, masyarakat, swasta, dan media. Hari AIDS Sedunia (HAS) kita mengusung tema Nasional.

Bupati Solok dalam sebuah video yang ditayangkan memberikan imbauan kepada semua yang hadir dalam acara tersebut. Dimana Epyardi Asda mengatakan, penanggulangan HIV di Kabupaten Solok sudah dilaksanakan mulai 2012 sampai sekarang. 

Komitmen dalam penangulangan ini ditunjukan dengan penyiapan layanan dukungan dan pengobatan HIV di RSUD Arosuka dan Puskesmas Selayo. 

Orang dengan HIV Positif sudah bisa mendapatkan pengobatan gratis pada layanan PDP HIV tersebut. Pemeriksaan HIV juga sudah dilakukan pada seluruh layanan kesehatan di Kabupaten Solok. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update