Notification

×

Iklan

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna Subang

Selasa, 27 Desember 2022 | 19:10 WIB Last Updated 2022-12-27T12:10:47Z

Presiden Jokowi saat peresmian Bendungan Sadawarna, Subang.

Subang, Rakyatterkini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sadawarna, Kecamatan Cibogo, Subang, Selasa 27 Desember 2022.

“Bendungan Sadawarna ini adalah bendungan ke-33 yang kita resmikan sejak 8 tahun kita mulai pembangunnya. Dan pembangunan Waduk Sadawarna yang dimulai 2018 hari ini telah selesai dan segera kita resmikan,” kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengungkapkan, pembangunan Waduk Bendungan Sadawarna itu senilai Rp2,065 triliun.

“Waduk ini menghabiskan anggaran Rp2,065 triliun, bukan uang sedikit. Jadi kalau Waduknya sudah ada, nanti para petani Indramayu produksi padinya harus naik,” tegas Jokowi.

Jokowi menjelaskan, Indramayu menjadi penyumbang surplus nomor satu terbesar di Indonesia. Dan diharapkan hasil produksi berasnya mengalami kenaikan.

“Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada bupati Sumedang dan seluruh masyarakat di Sumedang yang telah merelakan airnya untuk mengairi sawah-sawah yang ada di Indramayu.

Tadi pak bupati menyampaikan ikhlas pak, ikhlas pak, dan waduk ini dengan luas genangan 680 hektare bisa mengairi kurang lebih 4.280 hektare sawah yang ada di bawah,” ungkapnya.

Sementara Angga Prawira, dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum menambahkan, Bendungan Sadawarna akan mendukung lumbung pangan Jawa Barat sekaligus mengurangi risiko banjir di tiga kabupaten yang dilalui Sungai Cipunagara, yaitu Subang, Sumedang, dan Indramayu.

Pembangunan bendungan memang menjadi salah satu program andalan Presiden Jokowi untuk mengejar target swasembada pangan. Sepanjang 2015-2022, pemerintah total telah meresmikan 32 bendungan, termasuk Bendungan Sadawarna. 

Pada Jumat, 23 Desember 2022, Jokowi meresmikan dua bendungan, yaitu Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor. 

Presiden menargetkan total 57 bendungan yang akan selesai dibangun pada akhir masa kepemimpinannya di 2024 mendatang. (gerry)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update