Notification

×

Iklan

Menteri BUMN Erick Thohir, Resmikan Reaktivasi Loko 'Mak Itam'

Selasa, 20 Desember 2022 | 14:59 WIB Last Updated 2022-12-20T08:00:36Z

Menteri BUMN Erick Thohir, saat berkunjung ke Sumatera Barat.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Setelah tertunda beberapa minggu, Menteri BUMN Erick Thohir, Selasa (20/12/2022) kunjungi kota Sawahlunto Warisan Budaya Dunia UNESCO. 

Kunker Erick Thohir ke Sawahlunto dalam rangka lauching kembali Kereta Api Mak Itam, sebagai kereta wisata yang dulunya sebagai transportasi mengangkut batubara dari Sawahlunto menuju Teluk Bayur, Padang.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyampaikan Menteri BUMN RI Erick Thohir tersebut semula bersamaan dengan HJK Sawahlunto ke-134 tanggal 1 Desember 2022 yang lalu, namun karena ada agenda mendadak bersama presiden terpaksa agenda ditunda.

Selain  meresmikan reaktivitas Kereta Api (KA) Mak Itam di Kota Sawahlunto dan menyaksikan MoU kerja sama PT KAI dengan Pemkab Agam terkait mengurai kemacetan di Padang Luar. 

Erick Thohir bakal meresmikan reaktivikasi jalur kereta api Sawahlunto - Muaro Kalaban. Jarak dari stasiun kereta api Sawahlunto ke Muaro Kalaban sekitar 4 Km, dan sepanjang 828 meter di antaranya berupa terowongan atau lubang kalam.

Jalur ini dibangun 1892 dan sudah mati. Kini, diaktifkan kembali untuk menjaga aset bangsa sekaligus untuk menunjang wisata kota tambang dengan mengaktifkan kemali Mak Itam, loko tua yang bahan bakarnya dari batubara.

Kedatangan Erick ke Sumbar juga terkait dengan proyek-proyek besar pembangunan Sumbar, seperti pembangunan fly over Sitinjau Lauik sebagai langkah mengurangi kemacetan dan longsor pada jalan Padang-Solok yang terkenal sebagai jalur ekstrim.

Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade serta sejumlah direksi dan komisaris BUMN yang ada di Sumbar dan di luar Sumbar, menyambut kedatangan Menteri BUMN RI ini di Bandara BIM. 

Juga terlihat Wakil Gubernur Audy Joinaldy dan Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono dan Forkopimda lainnya.  

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Sawahlunto, Menteri Erick Thohir juga dijadwalkan bertemu dengan Semen Padang FC yang merupakan klub sepakbola milik Semen Indonesia Group (SIG) kemudian melihat kesiapan pembangunan fly over Sitinjau Lauik yang sudah diperjuangkan oleh anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade tersebut. 

Skema pembangunan melalui Kerjasama Pemerintah dan Bahan Usaha (KPBU) ini diharapkan bisa dimulai di 2023. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update