Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dorong Produktivitas Padi, Bupati Solsel Panen Raya dan Salurkan Pupuk Organik

Jumat, 23 Desember 2022 | 21:07 WIB Last Updated 2022-12-23T14:07:31Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, panen raya.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memberikan bantuan benih padi dan pupuk organik kepada petani, di Jorong Simancuang dan Jorong Karang Hitam, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo. 

Bantuan ini diberikan untuk meningkatkan produktivitas petani di wilayah tersebut. Bupati bersama dengan jajaran dan Forkopimda juga melakukan panen padi bersama.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan sektor pertanian menjadi sektor yang menyumbang porsi tersebut terhadap produk domestik regional bruto (PBRB) Solok Selatan pada 2022 ini sebesar 28,47%. 

Untuk itu pemerintah terus mendorong peningkatan produktivitas ini, salah satunya dengan mendukung ketersediaan pupuk.

"Untuk itu kembali kami sampaikan pemberian bantuan pupuk ke Simancuang ini bukan hanya untuk sekali ini saja namun akan terus berlanjut jika mampu menghasilkan tiga kali panen dalam setahun," kata Khairunas di Simancuang, Jumat (23/12/2022).

Untuk itu pemerintah melalui Dinas Pertanian nantinya akan memantau perkembangan produktivitas para petani ini sebagai evaluasi apakah terjadi peningkatan setelah diberikan bantuan.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengapresiasi kerja keras para petani di Simancuang yang berhasil dan terus berupaya meningkatkan produktifitas panen padinya. 

"Beras simancuang kita jadikan salah satu sektor andalan dan kita dorong promosinya melalui media-media yang ada," katanya dikesempatan yang sama.

Di Sumatera Barat beras organik ini memang kurang diminati, tapi di kota seperti di Pulau Jawa dan luar negeri ini sangat disukai. Untuk itu bisa kita dorong promosi dan pemasarannya, imbuh Zigo.

Selain mendukung program sektor pertanian, pemerintah pada tahun 2023, juga melanjutkan pembangunan jalan Simancuang tembus ke Pakan Salasa. 

Selain itu melalui kerjasama Pemkab dengan PLN Icon plus, kita juga harapkan agar persoalan sinyal telekomunikasi di Simancuang bisa teratasi.

Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan, Nurhayati menyampaikan panen padi ini adalah dalam rangka merealisasikan janji bupati/wakil bupati yang disampaikan dalam kunjungan sebelumnya. 

Dimana ketika itu bupati berjanji akan memberikan bantuan jika para petani bisa melakukan optimalisasi dengan panen padi hingga 3 kali dalam satu tahun, yang biasanya panen hanya 2 kali setahun dan itu berhasil dibuktikan. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update