Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Percepat Layanan Kegawatdaruratan, Deri Asta Resmikan PSC 119 'Si Jari Nan Satu'

Kamis, 17 November 2022 | 19:00 WIB Last Updated 2022-11-17T12:00:21Z

Percepat Layanan Kegawatdaruratan
Walikota Sawahlunto, Deri Asta foto bersama dengan petugas PSC 119 usai peresmian.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Walikota Sawahlunto, Deri Asta resmikan Publik Safety Center (PSC) 119 'Si Jari Nan Satu' (Sistem Informasi Jejaring Pelayanan Kegawatdaruratan Sawahlunto Terpadu) Sawahlunto, Kamis (17/11/2022).

PSC 119 'Si Jari Nan Satu' dalam arti yang luas adalah pelayan yang cepat, gesit dan tepat bertujuan memberikan pertolongan pertama dalam waktu singkat dan cepat. PSC 119 merupakan amanah dari instruksi Presiden No.4 Tahun 2013, dimana seluruh Kabupaten/Kota harus membentuk PSC.

"Alhamdulillah baru di periode ini PSC 119 bisa kita wujudkan" ujar Deri Asta.

PSC berfungsi sebagai pusat koordinasi layanan kegawatdaruratan di suatu daerah. Dalam perjalanannya PSC diharapkan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam rangka mewujudkan masyarakat Sawahlunto yang sehat, salah satu caranya melalui sistem penanggulangan gawat darurat terpadu.

Deri Asta menegaskan, PSC 119 'Si Jari Nan Satu' ini harus menjadi wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan gawat darurat di lapangan tempat kejadian dengan cepat, tepat,cermat dan profesional dalam mengatasi situasi gawat darurat yang diakibatkan kecelakaan lalu lintas,kegawat daruratan lainnya hingga bencana alam.

Ia berharap dengan hadirnya PSC 119 'Si Jari Nan Satu' ini masyarakat tidak lagi mengeluh terkait pelayanan kegawat daruratan yang selama ini menjadi persoalan.

Sementara itu Ketua DPRD Sawahlunto, Eka Wahyu, pada kesempatan yang sama sangat mengapresiasi program PSC 119 ini dan sekaligus mengingatkan petugas benar-benar bersiaga 24 jam.

"PSC 119 ini merupakan pelayanan yang bagus dalam mempercepat pelayanan gawat darurat, makanya petugas yang standby juga harus dipastikan kuat dan tangguh ,sanggup bertugas jam berapapun sehingga semua kasus kegawat daruratan yang dilaporkan masyarakat dapat ditangani dengan cepat," ujar Eka Wahyu.

Kadis Kesehatan Pengendalian Peduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk-KB) Yasril, didampingi Kabid Promosi, Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Ranu Vera, yang juga adalah Ketua Inovasi 'Si Jari Nan Satu' mengatakan melalui PSC 119 ini masyarakat bisa menggunakan layanan ini dengan menghubungi nomor darurat 119.

Ditambahkan Ranu Vera, ada 10 posko yang disiapkan oleh PSC 119 ini yakni, RSUD Sawahlunto, 6 Puskesmas dan 3 Pustu (Muaro Kalaban, Kubang Tangah, Lumindai). (Ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update