Notification

×

Iklan

Menpora Resmikan Lapangan Atletik Standar Nasional di Komplek UNP

Jumat, 04 November 2022 | 09:48 WIB Last Updated 2022-11-04T02:48:20Z

Peresmian lapangan atletik UNP.

Padang, Rakyatterkini.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, bersama Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, meresmikan lapangan atletik berstandar nasional di Kompleks Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (3/11/2022). 

Menpora mengatakan, lapangan atletik ini merupakan lapangan pertama yang berstandar nasional di luar pulau jawa. Ia mengapresiasi atas inisiasi Rektor UNP dalam pembangunan lapangan atletik tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada UNP, yang sudah menyiapkan lapangan atletik standar nasional," kata Menpora.

Zainudin Amali, berharap lapangan ini dapat menunjang pembelajaran mahasiswa. 

"Rektor tadi juga menyampaikan, lapangan ini bisa digunakan untuk masyarakat umum, dengan persyaratan yang telah ditentukan," tambahnya.

Disamping itu ia juga berharap, lapangan atletik ini dapat menjadi pusat pelatihan atletik daerah. Dimana para atlet-atlet dapat berlatih di lapangan ini, sehingga pada PON XXI tahun 2024 di Aceh - Sumut para atlet Sumbar dapat meningkatkan prestasinya. 

Zainudin juga berharap para atlet sumbar yang akan dikirim nantinya dapat meraih tiga besar di PON XXI Tahun 2024 nantinya. 

Gubernur Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada spirit dan sportifitas UNP atas inisiasi untuk membangun sirkuit atletik yang sesuai dengan Peraturan Presiden No 86 Tahun 2021 untuk Prestasi Olahraga Nasional.

Dengan diresmikannya lapangan atletik ini, menurut gubernur berharap Kemenpora untuk mendukung pembangunan stadion lainnya di Sumbar, salah satunya yaitu Stadion Utama Sumatera Barat di Sikabu Kabupaten Padang Pariaman yang pada awalnya dibangun untuk bidding persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI agar dapat dilakukan di Sumatera Barat, yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat adalah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Provinsi Sumatera Utara.

Sementara Rektor UNP, Ganefri, mengatakan pembangunan lapangan tersebut sudah dimulai pada 22 Juni 2022 lalu, dengan sumber pendanaan murni dari UNP. Total areal lapangan sebesar 15.735 meter persegi. Tersedia berbagai cabang olahraga atletik  mulai dari lari, lompat jauh, lempar cakram, lempar lembing, dan lainnya. (mmc)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update