Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Identifikasi Kelainan Fisik dan Motorik Siswa, Pemkab Solsel Berikan Pelayanan Fisioterapi

Selasa, 08 November 2022 | 16:11 WIB Last Updated 2022-11-08T09:11:08Z

Identifikasi Kelainan Fisik dan Motorik Siswa,
Bupati Solok Selatan, Khairunas, bersama pelajar SMA.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memberikan pelayanan fisioterapi bagi siswa di SMA N 3 Solok Selatan. 

Kegiatan ini dilangsungkan dalam rangkaian acara menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan pelayanan fisioterapi ini diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mendeteksi lebih dini kondisi kesehatan siswa. 

"Kegiatan tes fisioterapi ini untuk mengetahui sedini mungkin bagi anak-anak apakah ada kelainan fisik dan motorik, sehingga bisa diberikan rekomendasi dan mendapatkan penanganan lebih cepat," kata Khairunas saat membuka acara tersebut, di SMA N 3 Solok Selatan, Sangir, Selasa (8/11/2022).

"Kepada siswa saya imbau untuk mengikuti sebaik-baiknya karena saat ini sudah di SMA. Setelah ini harus tentukan pilihan masuk perguruan tinggi sesuai minat, dan tak tertutup kemungkinan ikut tes sekolah kedinasan seperti Polri, TNI atau bekerja di instansi yang memiliki persyaratan kesehatan," lanjutnya.

Di samping itu, Bupati juga menyampaikan kepada kepala sekolah dan guru-guru untuk terus meningkatkan kompetensi. Sebab kualitas tenaga pendidik nantinya akan berdampak pada kualitas peserta didiknya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Pendewal mengatakan tujuan kegiatan yang dilakukan adalah untuk menjaring kelainan fisik atau fungsi motorik pada siswi SMAN 3 Solok Selatan sehingga mendapat rekomendasi penanganan yang tepat.

"Pada dasarnya, tujuan fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh yang normal setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, fisioterapi dapat dilakukan untuk mengurangi dampaknya. Tindakan fisioterapi bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu penanganan secara manual maupun menggunakan alat," jelasnya.

Dijelaskan terdapat beberapa kondisi pasien yang membutuhkan fisioterapi seperti gangguan sistem saraf, gangguan pada otot kerangka tubuh, penyakit kardiovaskular, dan gangguan pernafasan.

Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan lebih dini, sehingga dapat diketahui jumlah siswa yang terdeteksi dini kelainan fungsi motorik.

Selain pemeriksaan fisioterapi, juga dilakukan penyuluhan terkait keluhan neuro , muskulo, skeletal. Pelayanan fisioterapi ini juga akan dilaksanakan di SMA N 5 Solok Selatan pada Kamis (10/11/2022). (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update