Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gebyar Kader PPKBJ, Ini Harapan Bupati Tanah Datar

Kamis, 10 November 2022 | 08:29 WIB Last Updated 2022-11-10T01:29:27Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, saat menghadiri gebyar 1.000 kader PPKBJ.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Tanah Datar, Eka Putra, berikan apresiasi pada 1.000 kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Jorong (PPKBJ) dan Sub PPKBJ pada gebyar 1.000 Kader PPKBJ/Sub PPKBJ se-Kabupaten Tanah Datar, Rabu (9/11/2022). 

Bupati Eka Putra, menuturkan kader PPKBJ dan Sub PPKBJ merupakan ibu-ibu tangguh, itu tidak gampang. Kader adalah relawan yang bekerja sukarela membantu pemerintah, supaya program Keluarga Berencana (KB) bisa berjalan sukses. 

Eka Putra mengharapkan, kader harus membantu keluarga di samping mengajak masyarakat di sekitar wilayah kerja kader untuk mengikuti program KB. 

Kader harus bekerja ikhlas, semangat dan betul-betul rela meninggalkan keluarga demi tugas, rela menentang terik matahari, menentang hujan demi untuk menjalankan tugas-tugas yang diarahkan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. 

Dikatakan, jika program bangga kencana di tingkat nagari dan jorong tidak mungkin dilaksanakan oleh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) semata, dan itu perlu sekali peran serta PPKBJ dan Sub PPKBJ ikut berpartisipasi membina kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). 

Ketua TP PKK Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra mengatakan, program Bangga Kencana oleh PKB dibantu Kader PPKBJ dan Sub PPKBJ yang berjumlah 1.000 orang kader yang tersebar di setiap jorong di 75 nagari dan 14 kecamatan sangat membantu tersebarnya informasi, penyuluhan, pencatatan dan pelaporan program bangga kencana keluarga sejahtera di tengah-tengah masyarakat. 
 
Dikatakan Ny. Lise Eka Putra, peran keluarga sangat menentukan dalam pencegahan stunting, dari itu TP PKK dan kader KB sebagai mitra strategis pemerintah diharapkan mampu bersinergi melalui kegiatan positif untuk mencegah stunting di Tanah Datar. 

Sementara itu, Mardayendi perwakilan BKKBN Sumatera Barat, stunting disebabkan oleh multi dimensi, dan intervensi itu terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan, jadi disaat ibu hamil itu sudah mulai diberikan pengetahuan sehingg disaat bayi lahir nanti tidak stunting. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update