Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Cerita Korban Banjir, Lantai Rumah Bergeser, Ini Respon Lisda Hendrajoni

Minggu, 20 November 2022 | 15:21 WIB Last Updated 2022-11-20T08:21:43Z

Lisda Hendrajoni, saat meninjau lokasi banjir.

Painan, Rakyatterkini.com - Bencana banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, menyisakan trauma bagi masyarakat Kecamatan Bayang dan Lengayang. 

Ini disampaikan oleh warga yang menjadi korban bencana banjir, saat anggota DPR RI Lisda Hendrajoni berkunjung ke tempat mereka, Sabtu (19/11/2022).

Masyarakat menceritakan bagaimana dahsyatnya luapan air sungai yang menghantam rumah mereka, bahkan mengakibatkan bangunan rumah mereka ambruk, karena dihantam oleh derasnya air sungai.

"Saat banjir kami berupaya menyelamatkan diri, apalagi di rumah ada orang tua kami yang sudah renta jadi agak sedikit sulit, saat evakuasi. Tiba-tiba kami mendengar bunyi retakan, ternyata lantai rumah terlihat bergeser, yang menimbulkan kepanikan luas biasa malam itu,” ujar Nursyamsi warga Lubuk Kumpai, Kecamatan Bayang yang menjadi korban keganasan Sungai Batang Bayang.

Selain di Kecamatan Bayang, anggota Komisi VIII DPR RI tersebut juga meninjau masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Lengayang. 

Pada kecamatan yang terdampak banjir tersebut, Lisda Hendrajoni juga menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial senilai Rp116 Juta dalam bentuk makanan siap saji dan kebutuhan masyarakat lainnya seperti pakaian dan selimut.

Didampingi oleh camat, dalam kunjungan di Kecamatan Lengayang, Lisda meninjau 6 titik lokasi rumah yang hampir ambruk karena dihantam derasnya air sungai. Camat Lengayang Alpriyendri mengapresiasi respon cepat Lisda Hendrajoni khususnya kepada masyarakat yang dilanda musibah.

Lisda Hendrajoni akan mengupayakan segera normalisasi sungai di sejumlah titik rawan di Pesisir Selatan, melalui tanggap darurat BNPB. 

Lisda yang dalam kunjungannya didampingi oleh Tim Tagana Kemensos RI juga menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak banjir di Pessel lainnya seperti Kecamatan Silaut dan Lunang. (baron)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update