Notification

×

Iklan

Bupati Solsel Bagikan Seragam Sekolah Gratis pada 351 Siswa di Sangir Jujuan

Selasa, 08 November 2022 | 18:14 WIB Last Updated 2022-11-08T11:14:49Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, bersama Forkopimda foto bersama pelajar SD usai membagikan seragam sekolah.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, membagikan seragam sekolah gratis untuk 351 siswa di Kecamatan Sangir Jujuan. 

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan dukungan dalam pembangunan sumber daya manusia masa depan di Solok Selatan yang lebih baik.

Bupati Solok Selatan, Khairunas, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu dari program unggulan pemerintah, terutama dalam pembangunan sumber daya manusia. Tujuannya untuk bisa memberikan dukungan dan mengurangi beban dari orang tua siswa.

"Bantuan seragam ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam merealisasikan visi dan misi yang tertuang dalam bentuk program dan kegiatan di RPJMD," kata Khairunas di SMP N 6 Solok Selatan, Bidar Alam, Sangir Jujuan, Selasa (8/11/2022).

Program ini sudah mulai dilakukan pada 2021 lalu dengan membagikan ribuan seragam untuk siswa SD dan SMP. Tahun ini pemerintah akan membagikan seragam tidak hanya kepada siswa SD dan SMP saja namun juga kepada siswa SMA, SMK, dan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama di Solok Selatan.

Bupati juga mengingatkan agar guru-guru terus meningkatkan kompetensinya. Sebab, kompetensi guru nantinya akan berbanding lurus dengan kompetensi siswa didiknya.

Tak hanya dari segi pendidikan, namun juga perlu diperhatikan dari sisi kesehatan untuk memastikan kualitas sumber daya manusia di Solok Selatan semakin baik di masa depan.

Salah satu hal yang saat ini menjadi perhatian adalah prevelansi stunting di Solok Selatan yang terbilang tinggi, yakni di angka 24%. 

Khairunas mengharapkan ada kerja sama antara Dinas Pendidikan dengan Dinas Kesehatan dalam upaya untuk mencegah stunting pada peserta didik.

Dalam kegiatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan DPRD untuk meningkatkan mutu pendidikan dan meringankan orang tua dalam menyekolahkan anaknya.

Terlebih dengan kondisi saat ini, dimana terjadi pandemi Covid-19 sejak 2020 silam dan tahun depan dihadapkan dengan kondisi akan terjadi resesi global. Sehingga pemerintah perlu hadir untuk memberikan dukungan, terutama di bidang ekonomi untuk masyarakatnya.

Untuk diketahui, 351 siswa baru yang mendapatkan bantuan seragam sekolah ini rinciannya dari 12 SD dengan jumlah 219 siswa dan 132 orang siswa dari 4 SMP. 

Masing-masing siswa akan mendapatkan dua seragam, yakni seragam putih-biru atau putih-merah dan seragam pramuka. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update