Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

BKAD Singingi Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Selasa, 01 November 2022 | 10:40 WIB Last Updated 2022-11-01T03:40:08Z

Pelatihan pembuatan pupuk organik.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby membuka pelatihan peningkatan kapasitas pemuda dan pemudi (pelatihan pembuatan pupuk organik) se-Kecamatan Singingi, di Gedung Serbaguna Desa Logas, Senin (31/10/2022).

Suhardiman Amby dalam arahannya, menyarankan agar kegiatan yang digelar oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Singingi ini dapat memberikan suatu perubahan yang baik bagi masyarakat terutama pemuda dan pemudi yang menjadi peserta kegiatan ini.

"Kita berharap dengan kegiatan ini bisa mendorong percepatan peningkatan perekonomian masyarakat dibidang pertanian dengan tujuan menjadikan daerah yang memiliki ketahanan pangan dimasa datang," jelas Suhardiman Amby. 

Ia juga berharap masyarakat tidak hanya mengolah lahan untuk perkebunan sawit, tetapi juga untuk bertani sayur-sayuran juga tidak kalah dari sawit. Dimana bertani sayur-sayuran ini hasilnya lebih jauh menjanjikan, karena sayuran merupakan kebutuhan sehari-harinya.

Dengan kerjasama para kades se-Kecamatan Singingi yang sudah menganggarkan untuk kegiatan yang bermanfaat ini, tentunya dapat mendorong masyarakat untuk bertani tanaman pangan sehingga mampu meningkatkan perekonomian.

Selain itu, tak lupa pula ia menyarankan agar BKAD Singingi dapat menyediakan lahan untuk pertanian nantinya, sehingga ilmu yang didapat dalam pelatihan pembuatan pupuk organik ini bermanfaat dan dapat di implementasikan di lapangan.

Dengan adanya pelatihan yang taja ini diharapkan para peserta bisa mempraktekannya lansung didesa masing-masing, kapan perlu BKAD nantinya mencarikan lahan pertanian sebagai implementasi dari pelatihan ini," katanya

Camat Singingi, Deflides Gusni mengungkapkan, selaku pemerintah kecamatan pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

"Saya sangat mendukung dan mensuport, harapan agar kegiatan seperti ini mampu memberikan ilmu yang bisa diterapkan dan mampu memberikan perubahan menuju peningkatan perekonomian nantinya," harapnya. 

Sementara Ketua BKAD Kecamatan Singingi, Daryanto menjelaskan pelatihan dapat terlaksana berdasarkan keputusan Kadis PMD Dukcapil Riau sebagaimana petunjuk teknis penyaluran bantuan keuangan khusus (BKK) 2022.

Pelatihan ini, sebutnya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan pemuda dan pemudi terutama yang bertani, untuk meningkatkan hasil pertanian melalui pemanfaatan pupuk organik sehingga mampu meningkatkan pendapatan pemuda dengan bertani.

"Kegiatan ini dihadiri 104 pemuda dari 13 desa di Kecamatan Singingi. Peserta yang mengikuti kegiatan diharapkan mampu menyerap ilmu yang diberikan dengan baik oleh pemateri. Adapun tujuannya yakni membuka lapangan pekerjaan baru," ungkapnya. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update