Notification

×

Iklan

Perkenalkan Adat dan Budaya Minangkabau, Tanah Datar Gelar Pacu Jawi

Minggu, 23 Oktober 2022 | 13:39 WIB Last Updated 2022-10-23T06:40:17Z

Pacu jawi di Sawah Liek, Padang Panjang, Pariangan Tanah Datar.

Tanah Datar, Rakyayterkini.com - Ayunan bendera dari Bupati Tanah Datar Eka Putra, menandai telah dimulainya alek nagari  pacu jawi, di Sawah Liek, Jorong Padang Panjang, Kecamatan Pariangan, Sabtu (22/10/2022). 

Ada pun jadwal pelaksanaan alek nagari itu selama 4 minggu, di setiap Sabtu dari 22 Oktober, 29 Oktober, 5 November dan 12 November 2022. 

Bupati Eka mengatakan, pacu jawi digelar untuk memperkenalkan lebih jauh adat budaya, sarana untuk menyalurkan hobi, dan wadah terjalinnya tali silaturahmi antar sesama masyarakat. 

Lebih dari itu, pacu jawi berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat secara umum. Dengan kata lain, penyelenggaraan pacu jawi mampu memberikan multiplier effect. 

"Pacu jawi mengandung banyak makna. Maka dari itu, mari bersama untuk melestarikannya, sehingga lebih banyak lagi menarik wisatawan mancanegara maupun domestik," ujar Bupati Eka. 

Di kesempatan yang sama, Ketua Porwi Tanah Datar Aristo Dt. Indomo mengatakan pacu jawi terlaksana di empat kecamatan yakni kecamatan Pariangan, Sungai Tarab, Lima Kaum dan kecamatan Rambatan. 

Ia pun mengatakan selama penyelenggaraan pacu jawi tidak dibolehkan adanya unsur perjudian. Karena, pacu jawi dilaksanakan hanya untuk perayaan pasca panen, sebagai ajang penyaluran hobi, silaturahmi dan lainnya. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update