Notification

×

Iklan

Pemko Sawahlunto Gelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa

Jumat, 28 Oktober 2022 | 07:00 WIB Last Updated 2022-10-28T00:00:00Z

Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa
Walikota Sawahlunto, Deri Asta bersama narasumber.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Kepala Desa se-kota Sawahlunto beserta perangkatnya mengikuti Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa, di GPK, Kamis 27 Oktober 2022.

Workshop itu menghadirkan empat narasumber yaitu anggota DPD RI Leonardy Harmainy, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumbar Dessy Adin, Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kemendagri Lutfi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumbar Ahmar Rudi.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta, mengatakan, dengan alokasi dana desa yang cukup besar, sementara kemampuan aparatur desa dalam mengelolanya terbatas, maka peran pemerintah pusat dan daerah untuk pengawasan dan pembinaan sangat diperlukan.

"Harus diawasi dan dibina secara berkelanjutan agar alokasi dana desa itu dapat efektif dan efisien kemudian bisa dipertanggungjawabkan sesuai regulasi yang berlaku," katanya .

Disebutkan Deri Asta, peran pemerintah daerah dalam mengawasi dan membina dana desa adalah  keikutsertaan OPD dalam Musrenbang Desa, membuat regulasi, membentuk tim pembina dan teknis desa, monitoring dan evaluasi (Monev), ikut serta dalam audit setelah program dilaksanakan.

"Alhamdulillah penggunaan Dana Desa yang dikolaborasikan dengan APBD telah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Sawahlunto. Sehingga sekarang angka kemiskinan Sawahlunto paling rendah di Indonesia, yaitu 2,38 persen sementara rata-rata nasional jauh diatas itu yakni 10,14 persen," pungkasya. (ril/ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update