Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

MTQ Nasional ke-40 Kota Solok Dimulai, 564 Kafilah Berlaga

Jumat, 21 Oktober 2022 | 21:38 WIB Last Updated 2022-10-21T14:38:16Z

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, pada pembukaan MTQ Nasional ke-40.


Solok, Rakyatterkini.com - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-40 Kota Solok resmi dimulai. Perhelatan keagamaan tersebut dibuka gubernur Sumbar, diwakili Asisten I Setda, Devi Kurnia, Jumat 21 Oktober 2022.


Dalam MTQ tahun ini sebanyak 564 kafilah utusan dari 13 kelurahan se-Kota Solok ikut berlomba. Dengan rincian 298 putra dan 268 putri, terdiri dari berbagai cabang yang diperlombakan, antara lain tilawah, tartil, tahfiz, MSQ, MFQ. kutbah jumat, kaligrafi, kitab standar, tafsir serta M2IQ.


Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Solok,  Ramadhani Kirana Putra, yang juga wakil walikota, memaparkan adapun kegiatan ini momentum mendekatkan diri kepada kitab Suci Alquran yang harus dijadikan pedoman dalam hidup dan kehidupan.


Selain itu untuk menyeleksi dan mempersiapkan qari dan qariah, hafiz dan hafizah serta mufassir dan mufassirah terbaik dari seluruh kelurahan se-Kota Solok untuk mewakili dan menjadi kontingen Kota Solok dalam ajang MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat Tahun 2023.


Sementara, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengatakan, MTQ ini rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Alquran.


Zul Elfian Umar berpesan semoga dengan pelaksanaan MTQ ini mampu melahirkan generasi yang Qurani, keluarga yang sakinah dan taat kepada Allah SWT menuju Solok Kota Beras Serambi Madinah yang 'Berjuara' (berkah, maju dan sejahtera).


MTQ Nasional ke-40 ini berlangsung selama empat hari, dimulai 21 sampai 24 Oktober 2022. Berikut lokasi pelaksanaanya: Gor Kelurahan Tanjung Paku, Masjid Nurul Huda Tembok Kelurahan Nan Balimo, Masjid Nurul Falah Kelurahan Tanjung Paku, Masjid Darussalam Kelurahan Nan Balimo, Masjid Raudhatul Jannah Kelurahan PPA.


Selanjutnya, Masjid An Nur Kelurahan PPA, Masjid Nurul Yaqin Kelurahan Kampung Jawa, Masjid Al Ihsab Kelurahan Tanjung Paku, SMPN 1 Kota Solok, SMPN 2 Kota Solok serta SMPN 3 Kota Solok.(dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update