Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Manfaatkan FABA untuk Pupuk, Produksi Pertanian Meningkat 15 Persen

Minggu, 23 Oktober 2022 | 16:04 WIB Last Updated 2022-10-23T09:04:22Z

Tahaman jagung hasil pupuk sisa pembakaran batu bara.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com -  PT PLN (Persero) UPK Ombilin membantu petani di sekitar itu meningkatkan produktivitas lahan pertanian, seperti padi dan jagung serta bawang merah, melalui pemanfaatan pupuk yang berasal dari abu sisa pembakaran batu bara atau fly ash dan bottom ash (FABA). 

PLN bekerja sama dengan Badan Litbang Kementerian Pertanian Provinsi Sumatera Barat, dengan menganalisa pemanfaatan FABA PLTU Ombilin untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian seperti padi dan jagung serta bawang merah. 

Peneliti Ahli Madya Bidang Ilmu Tanah, Badan Litbang Kementerian Pertanian Ismon Lenin mengatakan, melalui kajian pemanfaatan abu sisa pembakaran batubara PLTU Ombilin, pemberian 5 ton FABA per hektare dapat meningkatkan produktivitas tanaman jagung sebesar 15,15 persen dan pada padi sawah sebesar 15,16 persen. 

Inilah pupuk FABA.

“Kami menggunakan beberapa parameter takaran FABA PLTU Ombilin mulai dari 0 hingga 6 ton per hektare lahan. Hasil terbaik adalah pada pemberian 5 ton FABA yang memberikan peningkatan hasil 15 persen sedangkan tanaman jagung sebesar 15,15 persen,” ungkapnya. 

Ismon menjelaskan, dari penelitian yang telah dilakukan pemberian FABA dapat meningkatkan serapan unsur hara N, P, K Ca dan Mg pada tanaman padi sawah, jagung dan bawang merah. 

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (UIKSBS) Djoko Mulyono menjelaskan, untuk dapat meningkatkan pemanfaatan pupuk FABA, PLN saat ini sedang melakukan proses izin edar dari Kementerian Pertanian. 

Pakai pupuk FABA tanaman jadi subur.

“Manfaat FABA untuk pertanian sudah terbukti sangat baik, berdasarkan hasil yang telah dianalisa oleh Badan Litbang Kementerian Pertanian Sumatera Barat menunjukan hasil yang positif. Semoga dalam waktu dekat perizinan dapat segera terbit sehingga, kami bisa meningkatkan pemanfaatan FABA untuk mendukung ketahanan pangan,” jelasnya. 

Saat ini PLN telah bekerja sama dengan BUMDES Karya Muda Mandiri Sijantang Kecamatan Talawi Sawahlunto, Sumatera Barat terkait pemanfaatan FABA untuk pembuatan pupuk. 

PLN telah memanfaatkan 10 ton FABA PLTU Ombilin untuk pembuatan pupuk dengan komposisi FABA yang digunakan sebanyak 30 persen yang digunakan oleh petani sekitar PLTU Ombilin. (rel/ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update