Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Direktorat SD Kemendikbud Ristek Apresiasi Pelaksanaan DAK di Solok Selatan

Jumat, 21 Oktober 2022 | 18:59 WIB Last Updated 2022-10-21T11:59:40Z

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Direktorat Sekolah Dasar di Solsel.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI melalui Direktorat Sekolah Dasar mengapresiasi pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) pisik yang dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan.


Seperti yang dikatakan tim Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Direktorat Sekolah Dasar Tahun 2022, Wahyu Maliki, saat berada di UPT SD Negeri 09 Kepala Bukit, Kecamatan Sungai Pagu, Selasa (18/10/2022).


Hasil peninjauan dari pelaksanaan kegiatan pisik di Solok Selatan ini sangat bagus dan sudah sesuai dengan pagu anggarannya, jelas Wahyu Maliki, didampingi Kabid Dikdas Disdikpora Solsel, Rina Indriani, Kasi Sapras Parman, Kasubag Keuangan, Afrinaldi dan Kepala UPT SD Negeri 09 Kepala Bukit, Afrimon. 


Menurutnya, kegiatan ini akan menjadi kajian dan evaluasi untuk kebijakan  kegiatan di tahun berikutnya, sehingga pelaksanaannya akan lebih sempurna.


Kabid Dikdas Disdikpora Solsel, Rina Indriani, menambahkan untuk Sumatera Barat tim evaluasi dan monitoring DAK Pusat ini hanya ke Solok Selatan saja melakukan kunjungan.



Adapun kunjungan tim Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Direktorat Sekolah Dasar Tahun 2022 di Solsel akan mengunjungi 4 sekolah untuk DAK Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan tiga sekolah untuk DAK pembangunan pisik.


Sementara itu, Kasi Sapras Disdikpora Solsel ini yang sekaligus sebagai PPK dan PPTK kegiatan DAK, Parman menjelaskan untuk tahun anggaran 2022 ini, Solok Selatan kebagian kegiatan DAK pisik untuk SD dan SMP sekitar Rp43 miliar.


Adapun kegiatan DAK Solsel tersebut antara lain, rehabilitasi, pembangunan serta bantuan TIK. Adapun untuk bantuan TIK untuk SD ada sekitar 85 sekolah, dan SMP ada sekitar lima sekolah. Sedangkan DAK pisik untuk SD dan SMP ada sebanyak 25 UPT.


Afrinaldi, Kasubag Keuangan Disdikpora Solsel, menjelaskan Monev ini tujuannya adalah untuk meminimalisir permasalahan di sekolah, terutama masalah yang terjadi terkait SIPLah (Sistem Informasi Pengadaan Sekolah) Gantung dan Arkas (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) Perubahan.


Ditambahkan, penggunaan dana BOS di semua sekolah di Solsel sudah melalui mekanisme Arkas, dan hingga saat ini belum ditemukan permasalahan. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update