Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rakernas APEKSI ke XV, Wali Kota se-Indonesia Hadir di Padang

Senin, 08 Agustus 2022 | 21:28 WIB Last Updated 2022-08-08T14:28:58Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi pada acara Rakernas APEKSI ke XV.


Padang, Rakyatterkini.com - Wali kota se-Indonesia hadir di Kota Padang dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XV Tahun 2022. Acara dilaksanakan mulai dari 7 hingga 10 Agustus 2022. 


APEKSI ke-XV Tahun 2022 bertema "Kota Kita Bangkit: Yang Maju Yang Bersinergi", juga dihadiri beberapa menteri, di antaranya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Tohir di Hotel Truntum Padang, Senin (8/8/2022).


Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membuka secara resmi acara APEKSI Ke-XV Tahun 2022. Dalam sambutannya Zulkifli Hasan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat dibutuhkan kolaborasi dengan daerah, selanjutnya pusat dorong UMKM untuk Go Internasional.


"Kolaborasi perdagangan UMKM antara pemerintah kota dengan pemerintahan pusat harus terjalin erat, untuk menumbuhkan perekonomian agar sejahteranya rakyat Indonesia," kata Hasan 


Salah satunya bersama-sama menstabilkan harga bahan pokok, mendorong produksi dan distribusi berjalan lancar yang semua ini kewenangannya ada di walikota.


Mendag mengatakan, ada sejumlah hal yang diperlukan untuk mendorong UKM eksportir, antara lain identifikasi produk-produk UKM yang akan diangkat ke pasar internasional, konsistensi kualitas produk yang dihasilkan pelaku UKM, kemudahan perizinan, serta informasi mengenai pasar potensial yang akan dituju.


Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dewan Pengurus APEKSI yang telah menunjuk Kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakernas APEKSI ke-XV dan Indonesia City Expo Tahun 2022. 


Pandemi Covid-19 telah penurunan produktifitas dan pertumbuhan perekonomian daerah di berbagai sektor. Tidak saja di Indonesia, bahkan banyak negara lain yang terkena dampak Covid-19. Kondisi ini banyak Daerah berimbas pada meningkatnya angka kemiskinan. 


Semangat saja tentu tidak cukup, perlu upaya yang nyata dari Pemerintah Daerah, terutama Pemerintah kota, harus mengambil kebijakan antisipatif untuk meminimalisir dampak sosial dan ekonomi pandemi ini. (nov)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update