Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Petani Milenial Kembangkan Echo Green di Lubuk Alung dan Batang Anai

Selasa, 09 Agustus 2022 | 17:39 WIB Last Updated 2022-08-09T10:39:27Z

Petani milenial kembangkan echo green di Lubuk Alung dan Batang Anai.


Padang, Rakyatterkini.com - Program echo green telah membuka peluang petani milenial di Kecamatan Lubuk Alung, dan Batang Anai, Padang Pariaman, dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, dan ketahan pangan.


Echo green yang dibiayai Uni Eropa itu mendorong inisiasi ekonomi hijau bagi petani perempuan, dan pemuda dalam sektor pertanian berkelanjutan di Indonesia agar mampu membawa perubahan lebih baik.


Ketua sub distrik kecamatan echo green, Darkotni menyebutkan, program echo-green dijalankan selama 3 tahun, mulai 1 Januari 2020 sampai 31 Desember 2022, di Kabupaten Padang Pariaman. 


Tujuan program ini mempromosikan inisiatif ekonomi hijau oleh petani perempuan, dan generasi muda di sektor pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan pangan, kesempatan kerja yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif guna mendukung pencapaian SDG 2, SDG 5, dan SDG 8 di Indonesia.  


Tim telah melakukan pelatihan teknis di tingkat kecamatan dan fasilitasi penyiapan lokasi tempat belajar pada kegiatan sebelumnya. 


Selain itu, tim echo green juga telah melakukan fasilitasi proses pembelajaran lapangan skala kecamatan dan memberikan pendampingan teknis oleh tim ahli pertanian di dua lokasi yang telah ditetapkan sebagai lokasi tempat belajar.


Dalam mencapai sasaran tersebut, budidaya tanaman pertanian, khususnya tanaman pangan dilakukan dengan pendekatan budidaya pertanian yang baik (good agricultural practices/GAP) yang tidak lain adalah sistem pertanian ramah lingkungan.


Ketua Kelompok Tani Generasi Muda Nagari Pungguang Kasiak, Abdi Kurniawan mengatakan, dengan hadirnya echo green ini menjadikan generasi muda petani di daerah ini dapat memotivasi para petani.


Menurutnya, melalui sinergi komponen teknologi secara terpadu, penerapan sistem pertanian ramah lingkungan memantapkan capaian produktivitas tanaman pangan, kualitas tanah terpelihara, dan emisi gas rumah kaca dapat tereduksi. 

 

Sementara petani pungguang kasiak, M Rais menyebutkan, apa yang diahadapi oleh para petani selama ini, terjawab sudah dengan adanya program dari echo green tersebut.


Konsep ekonomi hijau yang dikembangkan echo green menjadi pembelajaran berharga bagi kelompok tani di daerah tersebut. Untuk itu program berencana melakukan kegiatan studi banding dengan tujuan akan memperkenalkan dan pembelajaran baru bagi kelompok petani perempuan dan pemuda terhadap inisiatif hijau. (syafrial suger)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update