Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemko Solok akan Terapkan Identitas Kependudukan Digital

Kamis, 28 Juli 2022 | 09:36 WIB Last Updated 2022-07-28T02:36:20Z

Walikota Solok, Zul Elfian Umar, pimpin rapat koordinasi.


Solok, Rakyatterkini.com - Penerapan identitas digital untuk mempercepat pelayanan publik dan mencegah pemalsuan data, sebab identitas digital merepresentasikan penduduk dalam aplikasi digital.


Saat ini Kota Solok akan menerapkan KTP digital untuk mempermudah dan mempercepat layanan publik.


Itu disampaikan Walikota Solok, Zul Elfian Umar, pada rapat koordinasi, Rabu 27 Juli 2022.


Walikota menegaskan kepada seluruh pihak terkait dengan implementasi identitas kependudukan digital harus diterapkan di lingkungan OPD masing-masing.


Dimana setiap pelayanan masyarakat ke depannya E-KTP tidak akan lagi berwujud fisik. tetapi E-KTP bisa diakses secara digital melalui kode verifikasi dan QR Code.  


Identitas digital diterbitkan Menteri Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Dukcapil.


Identitas kependudukan digital ini bertujuan untuk mengikuti penerapan teknologi informasi dan komunikasi, mengenai digitalisasi kependudukan, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi penduduk, mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital. 


Walikota juga menyampaikan tindak lanjut tuntutan masyarakat Minangkabau terhadap pendidikan muatan lokal. Pemko Solok berkomitmen melaksanakan kurikulum bahasa dan sastra Minangkabau mulai semester ganjil 2022/2023 nanti.  


Untuk itu walikota mengajak OPD untuk menyukseskan launching muatan lokal bahasa dan sastra Minangkabau, untuk dilaksanakan di sekolah-sekolah. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update