Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wako Solok Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual

Rabu, 01 Juni 2022 | 17:38 WIB Last Updated 2022-06-01T13:44:10Z

Walikota Solok, Zul Elfian Umar.


Solok, Rakyatterkini.com - Walikota Solok, Zul Elfian Umar mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila secara virtual, Rabu 1 Juni  2022 di ruang kerjanya.


Video Conference (Vicon) tersebut, terhubung langsung dengan Presiden RI, Joko Widodo yang menjadi Inspektur Upacara serta para pejabat negara dan seluruh kepala daerah di Indonesia.


Hari Pancasila 2022 yang jatuh pada 1 Juni 2022 kali ini, bertema 'Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia'. Tahun ini, peringatan hari lahir Pancasila 2022 dipusatkan di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Hal itu merupakan suatu sejarah baru karena selama ini Upacara hari lahir Pancasila biasanya dipusatkan di Gedung Pancasila, Jakarta.


Presiden RI, Jokowi dalam amanatnya mengatakan, di Kota Ende, Kota yang bersejarah ini, Bapak bangsa sekaligus presiden pertama RI, Soekarno merumuskan Pancasila yang disahkan PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila bagi bangsa dan negara saat ini.


"Dari Kota Ende, kami mengajak seluruh anak bangsa membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tuturnya.


Dijelaskan, harus betul-betul mewujudkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sudah seharusnya menjadi tugas bersama menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia.


Terkait masalah global saat ini, Indonesia sebagai pemegang mandat dalam G20 akan mendorong untuk menciptakan manusia yang lebih baik, untuk menghadapi persoalan dunia ke depan yang lebih berkeprikemanusiaan dan berperikeadilan.


"Kami mengajak seluruh tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh politik dan seluruh elemen terkait untuk menjadi teladan dan contoh dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila serta masyarakat dapat mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tutup Jokowi.(DD)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update