Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tekan Pengangguran, Pemkab Agam Perkuat Forum SDC

Senin, 20 Juni 2022 | 13:30 WIB Last Updated 2022-06-22T02:46:35Z

Peserta sosialisasi foto bersama.


Agam, Rakyatterkini.com - Forum Pusat Pengembangan Keahlian atau Skill Development Center (SDC) diharapkan mampu menjadi solusi pengentasan penggangguran di Kabupaten Agam.


Untuk itu, forum yang terbentuk pada 2020 lalu harus terus diperkuat. Kekinian, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP-Naker) menggelar sosialisasi peningkatan SDC, Senin (20/6/2022).


Kepala DPMPTSP-Naker Agam, M. Lutfi mengatakan pemerintah daerah mempunyai peran penting dalam pengentasan pengangguran. Forum SDC sebagai forum yang dibina pemerintah dinilai mampu menciptakan lapangan kerja.


“Angka penggangguran di Agam per 2021 tercatat sekitar dua belas ribuan, sedangkan jumlah UMKM berkisar sepuluh ribuan, jika setiap UMKM diberdayakan dan didukung membuka lapangan kerja maka persoalan ini bisa teratasi,” ujarnya.


Untuk mencapai hal tersebut, UMKM yang tergabung di Forum SDC harus terlebih dahulu diperkuat. Sehingga, pelatihan-pelatihan peningkatkan kapasitas sangat penting untuk dilakukan.


Disebutkan lebih lanjut, sosialisasi peningkatan Forum SDC gelombang pertama ini diikuti oleh 50 pelaku usaha di lima kecamatan. Direncanakan kegiatan serupa berlangsung sebanyak tiga gelombang.


Bupati Agam, Andri Warman, mengungkapkan sektor UMKM menjadi salah satu fokus prioritasnya selama memimpin. Peningkatakan kapasitas UMKM menjadi penting dilakukan pasca diterjang pandemi Covid-19.


Menurut bupati, ada tiga poin peningkatan yang perlu didapat pelaku UMKM yakni permodalan, kualitas dan pemasaran. Dikatakan, tiga unsur itu juga telah menjadi misi pemerintah daerah.


Bupati berharap peran UMKM dapat menjadi solusi pengentasan pengangguran dan peningkatan ekonomi masyarakat. Untuk itu, pihaknya berharap pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan agar dapat menyerap pengetahuan dari pelatihan. (gp/vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update