Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Disdukcapil Kab.Solok Bikin Terobosan Anyar, Bupati Launching Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:23 WIB Last Updated 2022-06-24T01:16:17Z

Bupati Solok, Epyardi Asda pada launching inovasi Disdukcapil.
 

Kabupaten Solok, Rakyatterkini.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Solok, launching inovasi pelayanan administrasi kependudukan, Kamis (23/6/2022) di Gedung Solok Nan Indah.


"Ini terobosan anyar bagi dinas, khususnya warga yang telah menikah bisa langsung mendapatkan semua dokumen pernikahannya," tutur Kepala Disdukcapil Kabupaten Solok, Riki Carnova, di sela-sela penandatanganan nota kesepakatan dengan Kantor Kemenag dan Pengadilan Agama Solok.


Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pemukulan gong tanda launching inovasi pelayanan administrasi kependudukan dimulai.


Hadir dalam acara tersebut, Bupati Epyradi Asda, Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Dukcapil Kemendagri, Dr. Handayani Ningrum, Ketua Pengadilan Agama Solok, Zulfa Yenti, Kepala Kantor Kemenag, H. Zulkifli, Sekretaris Daerah Kabupaten, Medison, Asisten II Setdakab, Drs. Syahrial, MM, kepala OPD, camat se-Kabupaten Solok,  walinagari se-Kabupaten Solok, tamu serta undangan lainnya.


Menurut Riki, launching inovasi dan penandatanganan nota kesepakatan ini, terkait program setelah menikah semua dokumen Dapat (semakin sedap). Ini bekerjasama dengan Kemenag. Kemudian, kartu keluarga (KK) dan akta cerai siap seketika (KAK TIKA), bekerjasama dengan Pengadilan Agama Solok. Selain itu, melayani akses dokumen dari rumah via WA (MARAWA), serta temukan dokumen kependudukan dan download (TAKE DOWN) melalui aplikasi take down.


Ditambahkan, saat ini Disdukcapil memiliki program, dimana untuk kepengurusan perubahan dokumen, sekarang bisa melalui media WhatsApp. Selanjutnya, untuk aplikasi take Down nantinya akan segera tersedia di play store, namun saat ini bisa mendownload lewat website resmi Disdukcapil.


Sementara, Bupati Epyradi Asda, mengapresiasi terobosan yang telah dilakukan Disdukcapil. Dinas tersebut telah menciptakan inovasi administrasi kependudukan. 


Ia mendorong semua OPD untuk memberikan inovasi-inovasi lain, untuk membawa Kabupaten Solok ke arah yang lebih baik. 


"Alhamdulillah, telah banyak diantaranya yang memberikan inovasi. Salah satunya pada hari ini kita akan melaksanakan launching," tutur bupati seraya menambahkan adanya inovasi ini diharapkan visi mambangkik batang tarandam menjadikan Kabupaten Solok terbaik dapat terwujud hendaknya.


Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Dukcapil Kemendagri, Dr. Handayani Ningrum, mengungkapkan, hari ini untuk administrasi kependudukan telah diberikan kemudahan, karena sudah bisa dilakukan melalui media digital.


Menurutnya, untuk pencatatan sipil sendiri saat ini sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat, dimana Untuk setiap kegiatan yang dilakukan sangat membutuhkan dokumen kependudukan.


Untuk masyarakat yang masih tinggal di daerah terisolir, lanjutnya, kepada walinagari diminta untuk membantu proses kepengurusan administrasi kependudukannya. Dalam hal ini, Ditjen Dukcapil sangat mendukung atas inovasi yang ada.


"Kita berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat nantinya," ujarnya. (DD)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update