Notification

×

Iklan

Bupati Andri Warman Buka Temu Koordinasi Dinas Pertanian

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:04 WIB Last Updated 2022-06-24T01:15:56Z

Bupati Agam buka temu koordinasi Dinas Pertanian.
 

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com - Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman buka secara resmi temu koordinasi Dinas Pertanian Kabupaten Agam, kamis( 23/6/2022) di Aula Bappeda.


Bupati dalam sambutannya mengatakan, petugas lapangan Dinas Pertanian miliki peran besar dalam peningkatan produksi pertanian masyarakat.


“Sebab mereka punya ilmu khusus di bidangnya, yang diberikan kepada petani melalui pembinaan di lapangan,” katanya.


Dengan begitu,  tenaga dan pemikiran petugas lapangan sangat dibutuhkan dalam meningkatkan pemahaman petani, untuk meningkatkan produksi pertanian khususnya di Agam.


Menurutnya, penghasilan masyarakat daerah ini mayoritas dari pertanian. Tentu ini menjadi hal utama untuk disikapi bagaimana produksi pertanian bisa meningkat.


“Meningkatnya hasil pertanian petani harus bisa memilih bibit atau benih yang tepat, pengendalian hama, jangka pemupukan dan lainnya,” sebut bupati.


Di sinilah peran petugas lapangan, bagaimana petani bisa paham dengan faktor yang dapat membuat produksi pertanian meningkat.


“Jika produksi pertanian meningkat, tentu perekonomian masyarakat juga menggeliat,” kata Andri Warman.


Untuk itu, ia minta petugas lapangan agar memaksimalkan pembinaan di lapangan, demi kepentingan masyarakat dalam peningkatan produksi pertanian.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Agam, Afniwirman menyebutkan, ruang lingkup Dinas Pertanian luas yang terdapat berbagai sektor seperti, tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan kesehatan hewan.


“Bahkan, pertugas tidak hanya bekerja di kabupaten dan kecamatan, tapi tersebar ke seluruh nagari yang ada di Kabupaten Agam,” katanya.


Ia menjelaskan, fungsi dan tugas Dinas Pertanian bagaimana dapat mensejahterakan masyarakat melalui peningkatan pendapatan petani. Sehingga perlu dilakukan koordinasi dan silaturahmi yang baik.


“Kita yakin jika pekerjaan dilandasi dengan komunikasi dan silaturahmi yang kuat, tugas berat akan jadi ringan apalagi bagi petugas lapangan yang bersentuhan langsung dengan petani,” sebutnya.


Lebih lanjut dikatakan Afniwirman, setelah diamatinya kondisi petani di lapangan, banyak program yang perlu dicetus dan dikembangkan supaya pendapatan petani meningkat.


“Kita melihat bantuan yang diberikan belakangan melalui kelompok tani, tanpa didukung dengan kelembagaan yang kuat, tidak berikan manfaat berarti bagi petani,” jelasnya


Untuk itu, pembentukan kelembagaan yang kuat jadi bagian tugas dari Dinas Pertanian, tentu juga harus didukung melalui peran petugas lapangan dari berbagai sektor, hingga harapan kedepan dapat tercapai, harapnya.(Vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update