Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Workshop Keprotokolan Daerah 2022 Pemkab Pdg.Pariaman Dimulai

Selasa, 15 Maret 2022 | 15:05 WIB Last Updated 2022-03-15T08:18:37Z

Bupati Suhatri Bur buka pelatihan keprotokolan di lingkungan Pemkab Pdg.Pariaman.


Kayu Tanam, Rakyatterkini.com - Seperti yang dijelaskan dalam Undang-undang nomor 9 tahun 2010 tentang Keprotokolan, dijelaskan bahwa pengertian dari Keprotokolan itu adalah serangkaian aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi, yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan kepada seseorang, sesuai dengan jabatan atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan atau masyarakat.


Demikian dikemukakan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, saat membuka Workshop Keprotokolan Daerah Tahun 2022, yang digelar Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah, Senin (14/3/2022) di Balairung Anai Land Nagari Guguak, Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung.


"Masalah protokoler, umumnya ditujukan pada keberhasilan pelaksanaan suatu kegiatan dan pada hal-hal yang mengatur seluruh manusia, yang terlibat dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Pada dasarnya merupakan pelaksanaan dari hasil kerja tahapan sebelumnya. Tahapan-tahapan tersebut, diperlukan untuk menunjang suksesnya puncak acara," sebut Suhatri Bur.


Ia menyebutkan, peran protokol untuk kelancaran dan ketertiban suatu acara sangat penting. Lantaran itu, perlu dilakukan upaya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi aparatur pemerintah daerah, khususnya di bidang keprotokolan. Termasuk pengaturan waktu dalam sebuah acara dan juga tata tertib dalam penyelenggaraan upacara.


"Diperlukan seorang protokol yang handal pada setiap unit organisasi, serta seorang yang memiliki kemampuan dan keterampilan tentang Keprotokolan. Begitu juga dengan pembawa acara, diperlukan seseorang yang punya etika dan penampilan menarik," paparnya.


Di samping memiliki nada suara yang bersih dan jelas. Saya berharap, melalui Workshop ini akan lahir aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam pengaturan setiap acara dan upacara. 


Sehingga nantinya, mereka bisa menjadi protokol bagi diri sendiri dan di instansinya masing-masing. Sebagaimana tema yang dipilih untuk kegiatan ini, yaitu "Menjadi Protokol Profesional, Handal dan Berwawasan".


Sebelumnya, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Anesa Satria menyebutkan, kegiatan Workshop Keprotokolan bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah di bidang protokoler dan pembawa acara/MC. 


Kemudian, untuk meningkatkan kemampuan aparatur dalam pengaturan acara dan tata upacara, serta untuk menjalin silaturahmi antar sesama petugas protokol di daerah ini dengan narasumber dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 


"Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 14 hingga 16 Maret 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 65 orang dari OPD dan kecamatan," tutupnya.


Narasumber dalam workshop ini, selain narasumber dari Pemprov Sumbar, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, sebagai keynote speaker, juga Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis, Asisten Administrasi Umum Fakhriati. 


Sedangkan Narasumber dari Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Sumatera Barat diantaranya Rezky Nanda Burbey, Weria Hendri, dan Dicki Iskandar, staf Protokol Provinsi. (suger)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update