Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Eka Putra Disuntik Vaksin Booster, Beralih dari Pandemi ke Endemi

Sabtu, 05 Maret 2022 | 17:20 WIB Last Updated 2022-03-06T05:07:25Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra lakukan vaksin booster.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Masyarakat Kabupaten Tanah Datar diminta untuk mengikuti program vaksinasi booster atau suntikan ketiga untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Imbauan itu disampaikan Bupati Eka Putra didampingi Wakil Bupati, Richi Aprian usai disuntik vaksin booster Covid-19, di Aula Kantor Bupati, Pagaruyung, Sabtu (5/3/2022).


“Sekarang sudah berjalan untuk vaksin lanjutan booster Covid-19 yang dilaksanakan  Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar. Dan, saya langsung hadir untuk vaksin. Alhamdulillah, saya dan wakil bupati bisa vaksin booster berjalan baik dan lancar,” ujar Bupati Eka Putra.


Untuk itu, ajak orang nomor satu di bumi bersejarah itu, diimbau agar semua masyarakat dapat  menyukseskan vaksin lanjutan ini. Ambil hak kesehatan untuk divaksin ketiga kalinya. Dengan begitu, pertahanan imun tubuh makin kuat,  sehingga terbentuklah herd immunity masyarakat dan bisa produktif dalam kegiatan perekonomian.


"Jadi, masyarakat Tanah Datar bisa beralih dari pandemi ke endemi,” ucapnya lagi.


Dijelaskan, data dari Dinas Kesehatan, masyarakat kabupaten sudah vaksin 1 dan 2 mencapai 70 persen. Karena itu, ia optimis dengan dilakukan vaksin booster masa pandemi akan menjadi endemi. Sehingga, covid-19 hilang di bumi Tanah Datar ini. 


Namun, masyarakat yang ingin menerima vaksin booster ini harap mempersiapkan dahulu kondisi badannya. Sebelum divaksin, petugas akan melakukan skrining terlebih dahulu seperti dua dosis vaksin sebelumnya.


Bupati mengimbau kepada masyarakat agar tidak membedakan jenis vaksin, baik itu Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, dan Zifivax. Semuanya baik, aman, halal, dan sudah melalui uji klinis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta untuk vaksin lanjutan booster aman untuk suntik.


Kepala Dinas Kesehatan Yesrita mengemukakan, kegiatan vaksinasi booster hari ini diawali bupati  dan wakil bupati diikuti Forkopimda, Pimpinan OPD, ASN, instansi vertikal, BUMN/BUMD dan wartawan.


Ditambahkan, pada vaksinasi ketiga ini (booster) diberikan kepada yang sudah vaksin satu dan dua. Ini diberikan vaksin AstraZeneca setengah dosis dari dosis pertama yang dilakukan vaksinator dari Dinas Kesehatan dari Puskesmas Lima Kaum I dan Puskesmas Pagaruyung. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update