Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sirkuit Mandalika Dipenuhi Kerikil-kerikil Kecil, Ini Saran Juara Dunia

Senin, 14 Februari 2022 | 08:48 WIB Last Updated 2022-02-14T01:48:33Z

Pembalap dunia jajaki Sirkuit Mandalika, dalam sesi tes pramusim MotoGP.

Jakarta, Rakyatterkini.com - Juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo, memberikan suatu saran untuk peningkatan kualitas lintasan Sirkuit Mandalika.


Gelaran tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 telah selesai pada  Minggu (13/2/2022) setelah tiga hari penuh kisah. Para pebalap menunjukkan antusiasme begitu tinggi untuk menjajal Sirkuit Mandalika, venue baru untuk MotoGP mulai musim 2022. 


Mereka memuji lokasi indah dan karakteristik lintasan yang cepat dan menantang. Namun, tes pramusim di Sirkuit Mandalika sempat mengalami kendala akibat kondisi lintasan yang dinilai kotor. 


Bahkan, kondisi tak ideal tersebut membuat sesi tes pramusim pada hari pertama sempat dihentikan agar marshal bisa membersihkan lintasan, sebelum tes kembali dilanjutkan. 


Kendala utama yang paling banyak didengar dari para rider adalah batu kerikil, yang terlempar dari motor-motor pebalap lainnya di depan. 


Fabio Quartararo merupakan salah satu pebalap yang mengutarakan keluhan ini.  "Saya membalap di belakang Franco (Morbidelli) dan menerima banyak kerikil," tutur Fabio Quartararo dikutip dari GPone. 


"Setelah beberapa saat, leher saya mulai sakit. Bayangkan jika ada 3-4 pebalap di depan dengan jumlah lap yang banyak."


Namun, pebalap Monster Energy Yamaha itu juga melihat kekurangan lain, yakni mengenai aspal di beberapa bagian lintasan Sirkuit Mandalika. 


Oleh karena itu, dia memberikan saran agar pengelola juga melakukan perbaikan. "Masalahnya adalah, dari tikungan pertama hingga keenam sepertinya aspal (lintasan) pecah," kata rider asal Perancis tersebut. 


"Saya pikir mereka harus melapisi kembali aspal dari tikungan pertama untuk balapan nanti," ujar pebalap berjuluk El Diablo itu, seperti dilansir kompas.com 


Meski demikian, Fabio Quartararo menilai bahwa sirkuit yang memiliki panjang 4,31 km itu sudah aman. 


Dia juga memberikan khusus kepada Sirkuit Mandalika yang menurutnya memiliki trek luas. "Selebihnya, treknya sangat aman. Saya pikir trek di sini memiliki area run-off terluas dibanding sirkuit lain di seluruh kalender balap," tutur rider yang berada di urutan kedua pada tes pramusim MotoGP Mandalika ini. 


Sementara itu, setelah insiden tes pramusim, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) membersihkan trek secara rutin. Racing line yang juga sempat dikeluhkan pebalap telah menjadi lebih jelas.


Kondisi lintasan pada hari kedua dan ketiga pun memungkinkan para pebalap melaju lebih kencang.


Terkait kondisi lintasan yang sempat dinilai kotor, Dorna Sports selaku promotor MotoGP menjelaskan bahwa hal itu terbilang wajar untuk sirkuit baru. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update