Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

BUMDes Nuju Makmur Mampu Kuatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Jumat, 04 Februari 2022 | 14:06 WIB Last Updated 2022-02-04T07:08:48Z

BUMDes Nuju Makmur Mampu Kuatkan Ekonomi Masyarakat Desa
Pencabutan undian grandrprize 1 unit sepeda motor oleh Camat Singingi Hilir pada acara MPTB BUMDes Nuju Makmur, Rabu (2/2/2022).

Kuansing, Rakyatterkini.com - Program peningkatan ekonomi masyarakat serta penguatan pendampingan pembangunan melalui BUMDes di Desa Bukit Raya, Kecamatan Singingi Hilir, Kuansing, berjalan dengan baik.


Kades Bukit Raya, Rasiman, melalui Sekdes Ayub Abdul Jabar, mengatakan, BUMDes Nuju Makmur saat ini berperan penting dalam penguatan ekonomi masyarakat desa melalui berbagai kegiatan usaha yang dijalankan. 


"BUMDes Nuju Makmur mampu berperan sebagai lembaga komersial untuk mencari keuntungan yang berpihak pada kepentingan ekonomi masyarakat desa," ujar Ayub kepada Rakyatterkini.com, Jumat 4 Februari 2022.


Ayub menilai keberadaan BUMDes sangat berdampak pada masyarakat karena mampu menggerakkan ekonomi, sehingga penggarapan potensi desa harus terus ditingkatkan untuk pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. 


Sekdes yang akrab disapa Ayub,  menambahkan, Pemdes Bukit Raya dibawah kepemimpinan Kades Rasiman, akan terus mendorong kemajuan BUMDes dengan berbagai upaya. BUMDes Nuju Makmur diharapkan bisa menjadi agen perubahan khususnya di sektor ekonomi desa. 


"Selama ini Pemdes Bukit Raya terus berupaya mendorong mulai dari penyertaan modal maupun pembinaan itu kita lakukan untuk kemajuan BUMDes. Tujuannya agar BUMDes makin berkembang dan bisa menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat," ungkapnya.


Sementara Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nuju Makmur, Ariyanto mengatakan, saat ini BUMDes memiliki beberapa unit usaha mulai dari usaha BRILink, simpan pinjan hingga usaha perkreditan barang.


Dikatakan, dalam perjalanannya, perkembangan usaha itupun terus meningkat dibuktikan dari pendapatan laba yang signifikan. Bahkan pada MPTB 2021, BUMDes Nuju Makmur mampu meraup laba bersih Rp124 juta.


"Alhamdulilah, perkembangan BUMDes Nuju Makmur dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada MPTB 2021 kita berhasil membukukan laba sebesar Rp124 juta. Pendapatan Itu meningkat signifikan dibanding tahun 2020 sebesar Rp61 juta. 


Jadi, pendapatan yang terbesar berasal dari usaha simpan pinjam yang perguliran dananya mencapai Rp3,6 miliar. Saat ini nasabah pada unit usaha ini ada sekitar 433 orang, dan BUMDes mampu memberikan pinjaman maksimal Rp100 juta dengan suku bunga 12 persen pertahun," jelas Ariyanto.


Ditanya soal program kerja kedepan, pria 28 tahun yang pernah mengabdi sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas Beringin Jaya itu, menyampaikan bahwa program kerja BUMDes telah dibahas sebelumnya yaitu, pengembangan unit baru yakni pasar desa dan pembukaan usaha depot air minum. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update