Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pantau Aliran Sesat Masuk ke Sawahlunto, Pengurus MUI Dilantik

Rabu, 02 Februari 2022 | 23:38 WIB Last Updated 2022-02-03T00:47:54Z

 Ketua MUI Sumbar, Buya H. Gusrizal Gazahar lantik MUI Sawahlunto.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat, Buya H. Gusrizal Gazahar Lc.,M.Ag membai'at atau ( mengukuhkan ) Dewan Pengurus MUI Kota Sawahlunto, masa khidmat 2022-2025 di Balairung Rumdis Wako Sawahlunto, Rabu (2/2/2022).


Pengukuhan ini dihadiri Wako Sawahlunto, Deri Asta, Wawako Zohirin Sayuti, Ketua DPRD, Eka Wahyu dan Wakil Ketua, Jaswandi, Kakanmenag, Dedi Wandra dan OPD terkait.


Pengurus yang dikukuhkan terdiri dari Ketua Dewan Pertimbangan Zahirin Sayuti, Wakil Ketua Drs.H. Darmuis Datuak Endah Sutan, Sekretaris H. Dedi Wandra, S.Ag., M.A, dengan anggota Drs. H. Adi Muaris Khatik Kayo, H. KH. Dt. Pito Sirajo, B.A , Ir. H. Dahler. M,Sc, Datuak Panghulu Sati, H. Kamaruddin, H. Zainal Arifin Datuak Rangkayo Tangah, Mahya Khatik Mangkuto, Drs. H. Husril Kasim, dan H. Yusmanto, S.Ag., M.A.


Sedangkan Dewan Pimpinan MUI Sawahlunto terdiri dari Ketua Umum Fadlih Rifenta, S.Pd.I, M.Ag, Ketua Bidang Fatwa dan Hukum H. Johan Efendi, Lc., M.H, Ketua Bidang Ukhuwah H. Adrimas, S.Ag., M.A, Ketua Bidang Pendidikan dan Dakwah Didi Ifwandi, S.Pd.I, Ketua Bidang Ekonomi Islam Edi Yarman, S.EI, Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan Remaja dan Keluarga Oky Loly Wenny, S.Ag, M.PdI, Sekretaris Umum Doni Warman, S.Pd.I., M.Pd, Sekretaris 1 Ns. Sastra Tri Putra, S.Kep, Sekretaris II Syafnil, Bendahara Umum Tuti Suryanis, SH.I, Bendahara I Yurmaini, S.P, dan Bendahara II Riza Nofera,S.Pd.


Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan, apresiasi terkait kepengurusan MUI sekarang jauh lebih mewarnai dengan banyaknya unsur muda terlibat di dalamnya. 


"Jika selama ini mayoritas pengurus terdiri dari kalangan orang tua, tapi sekarang mayoritas adalah pemimpin muda yang diharapkan mampu bersinergi dengan pemerintah, lebih inovatif dan mampu menggerakkan MUI sebagai pengayom dan pembina ummat dalam harmonisasi keberagaman hidup berbangsa dan bernegara, serta generasi Islam yang kuat," ujar Deri Asta.


Kepala Kemenag H.Dedi Wandra,S.Ag,MA dibagian sambutannya mengatakan, MUI diharapkan mampu menjadi pelayan dari semua persoalan yang dihadapi ummat dan jadi penegak amal makruf nahi mungkar. MUI harus menjadi penuntun, membina dan mengayomi serta mampu mengantisipasi dan memantau indikasi adanya aliran sesat yang sudah masuk ke Sawahlunto.


"Untuk itu MUI harus mampu bersinergi dan berada di depan dalam mengayomi dan membina ummat. Ke depan tugas berat MUI adalah bagaimana mampu memantau perkembangan adanya indikasi aliran sesat sudah masuk ke Sawahlunto dengan kedok kegiatan pengobatan alternatif," ungkapnya.


Ketua MUI Sumbar Buya H.Gusrizal Gazahar dibagian amanatnya menyinggung tantangan MUI ke depan yang lebih berat, yakni MUI harus membawa Izzah menyandang khidmat. Membawa Izzah keulamaan dan menyandang Khidmat ke ummatan secara keseluruhan.


"Tugas kita berat, kita berdoa semoga daerah ini setiap saat terlindungi dari berbagai cobaan. Mari lanjutkan nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh ulama terdahulu, sebagai amanah untuk kita sampaikan ke generasi yang akan datang," pungkas Buya Gusrizal. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update