Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Nasdem Peduli Bencana, Guntara : "Selama Tanggap Darurat Salurkan Bantuan"

Senin, 28 Februari 2022 | 22:27 WIB Last Updated 2022-03-01T01:18:07Z

Nasdem Pasbar berikan bantuan untuk warga korban gempa. 


Pasbar, Rakyatterkini.com - Bencana gempa yang melanda Pasaman Barat membuat jajaran pengurus Nasdem Pasbar 'turun gunung' mengulurkan bantuan.


Hingga hari ketiga DPD Pengurus Partai Nasdem Kabupaten Pasaman Barat, menyalurkan bantuan sembako dan obat-obatan bagi pengungsi korban gempa di Jorong Padang Tujuah dan Kampung Cubadak Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Senin (28/2/2022).


"Insya Allah, selama masa tanggap darurat 14 hari ke depan kita akan menyalurkan bantuan yang dibutuhkan kepada  para pengungsi  korban gempa. Mohon doa dan dukungannya agar  kami dan relawan sehat selalu," kata Ketua DPD Partai Nasdem Pasaman Barat, Muhammad Guntara didampingi Sekretaris Yunis Andi, Bendahara Dekbid Rezki Syahrul kepada wartawan Senin (28/2) di Simpang Empat.


"Tadi kita bersama Ketua Majelis Pertimbangan Partai Bapak Manus Handri, Wakil Ketua Bidang Komunikasi Junir Sutan Rajo Ameh,  menyalurkan bantuan ke Jorong Padang Tujuh dan warga Timbo Abu Talamau, yang mengungsi di kawasan Jalur 32 Simpang Empat," tuturnya.


Bantuan yang disalurkan Nasdem adalah diantaranya  tenda, beras, telur, obat-obatan, pempes bayi, susu, tikar dan kebutuhan lainnya yang sangat diperlukan pengungsi yang terdampak gempa. Selain itu, juga telah mendirikan posko bantuan di Kajai sejak hari kedua.


Menurut Guntara, Nasdem akan menyisir pengungsi  yang belum tersentuh bantuan. Karena, dia memahami bahwa pemerintah daerah dan donatur  fokus ke lokasi gempa Kajai, karena di sana banyak rumah yang rusak. Sementara masih banyak tempat pengungsi atau korban gempa yang belum diketahui karena belum terekspos ke publik.


"Buktinya di Jorong Padang Tujuh tadi ada 34 rumah warga yang rusak berat, sedang dan ringan," kata Guntara yang juga anggota DPRD Pasaman Barat Komisi I ini.


Dijadwalkan, Kamis besok, Ketua DPW Nasdem Sumbar Hendra Joni dan jajaran   juga akan menyalurkan  bantuan ke Kajai Kecamatan Talamau, Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo, dan Kapunduang Kinali sebagai bentuk kepedulian Nasdem terhadap bencana.


Ketua Majelis Partai Manus Handri mengimbau pemerintah daerah, Dinsos walinagari dan jajaran dimasa  pemulihan pasca gempa ini, untuk segera mendata korban yang terkena musibah. Karena saat ini pengungsi terancam diserang sakit batuk, demam dan flu, terutama anak-anak.


Dia meminta OPD Pemkab Pasbar, BPBD, camat dan walinagari untuk  mencari lokasi penempatan sementara untuk yang  terkena musibah dengan luas daya tampung 200 s/d 250 kepala keluarga untuk satu lokasi.


Manus meminta  Dinas PU dan didukung OPD lainnya dan TNI, Polri membangun rumah sementara di lokasi penampungan dengan pertimbangan para pengungsi dipindahkan ke sana.


"Dari sanalah mereka  memulai kembali kehidupan baru. Sebab, tanpa ada rumah  jelas mereka  tidak akan bisa bergerak memulai kembali kehidupan mereka, dengan tetap koordinasi dengan BNPB, TNI dan Polri," tukas Manus. (junir sikumbang)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update