Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Ketua Dekranasda Agam Kukuhkan Komunitas Kerancang Sagaduik

Rabu, 02 Februari 2022 | 01:30 WIB Last Updated 2022-02-02T06:19:00Z

Komunitas Kerancang Sagaduik tampilkan hasil karyanya.


Agam, Rakyatterkini.com - Ketua Dekranasda Kabupaten Agam, Ny. Yennita Andri Warman kukuhkan pengurus Komunitas Kerancang Sagaduik, di Aula Kantor Nagari Gaduik, Kecamatan Tilatang Kamang (Tilkam), Selasa (1/2/2022).


Kerancang merupakan kerajinan bordir yang berasal dari Sumatera Barat. Kerancang ini banyak digunakan sebagai bordir pada mukena, jilbab atau kerudung, baju kurung, baju koko, kebaya, sarung bantal, taplak meja, dan lain-lain.


Ketua Komunitas Kerancang Sagaduik, Herlianti Budiman mengatakan, komunitas ini bertujuan untuk menginventarisir para pengrajin kerancang yang ada di Nagari Gaduik.


Menurutnya, kerajinan kerancang ini merupakan kerajinan asli dari Gaduik, karena masyarakatnya sejak dulu sudah bergelut dibidang kerajinan kerancang.


“Oleh sebab itu, selain untuk melestarikanya, kami ingin kerancang ini menjadi salah satu identitas Nagari Gaduik, dan bisa dikenal oleh orang banyak,” jelasnya.


Sementara itu, Ketua Dekranasda Agam, Ny Yennita Andri Warman berharap, dengan adanya Komunitas Kerancang Sagaduik ini, dapat melestarikan dan mengembangkan kerajinan karancang di Nagari Gaduik.


“Jangan sampai kerancang ini diklaim oleh daerah lain, padahal kerancang ini dari Gaduik, kita yang punya tapi daerah lain yang dapat nama,” ujarnya.


Oleh sebab itu, Ny. Yennita Andri Warman berpesan agar para pengrajin kerancang yang ada di Gaduik dapat mengenalkannya ke generasi muda saat ini.


“Mari kita bersama-sama, mulai dari masyarakat, pemerintah nagari, kecamatan, dan pihak lainnya, untuk mendukung dan memberikan support, agar kerajinan kerancang ini dapat berkembang di Nagari Gaduik,” ajaknya.


Kepada para pengrajin, ia berpesan agar, dapat mengikuti sesuai dengan perkembangan zaman, mulai dari desainnya, motif dan lain sebagainya. (gp/vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update