Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Banjir dan Longsor Landa Kecamatan KPGD dan Sungai Pagu

Rabu, 02 Februari 2022 | 08:00 WIB Last Updated 2022-02-02T01:00:12Z

Banjir di Solok Selatan.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Banjir dan longsor melanda Nagari Pakan Rabaa Timur, dan Nagari Pasar Muara Labuh, Solok Selatan, Selasa 1 Februari 2022.


Plt. Kalaksa BPBD Solok Selatan, Novi Hendrik, menyebutkan akibat curah hujan tinggi, mengakibatkan terjadinya longsor di Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan KPGD.


Ini disebabkan meluapnya Batang Suliti yang mengakibatkan terendamnya lahan pertanian di Nagari Batang Lolo Persiapan, serta banjir di Magari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu.


Data kerusakan di Nagari Pakan Rabaa Timur, tepatnya di Jorong Pasia Panjang, satu unit jembatan putus, jalan terban, drainasi tersumbat. Sementara di Jorong Ladang Kongsi, longsor terjadi di dua titik.


Di Nagari Batang Lolo Persiapan, yakni Jorong Panduang, banjir merendam lahan pertanian lebih kurang 5 Ha


Sementara di Jorong Pasar Utara, Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, banjir merendam 35 unit rumah. Di Jorong Pasar Timur, sebanyak 25 unit rumah direndam banjir.


Dari data dampak kerusakan tersebut, Pemkab Solok Selatan memperkirakan kerugian mencapai Rp250.000.000.


Sementara itu, Tim BPBD bersama Dinas Sosial, aparat kecamatan dan nagari, kepolisian, TNI telah melakukan peninjauan lokasi kejadian bencana. 


Plt. Kalasa BPBD mengatakan Rabu ini akan menelusuri kembali lokasi banjir dan longsor, sehingga dapat terdata seluruh kerugian secara detail. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update