Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Jadi Tuan Rumah MTQN, Solsel Berbenah

Rabu, 16 Februari 2022 | 18:34 WIB Last Updated 2022-02-16T11:34:06Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas saat audiesi dengan Pemprov dan Kemenag.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Solok Selatan akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat ke-XI Tahun 2023. 


Untuk persiapan, Solok Selatan audiensi dengan Pempov dan Kemenag Sumbar, Rabu (16/2/2022).


Bupati Khairunas menuturkan untuk menggelar sebuah even besar seperti ini ada banyak tahapan persiapan yang mesti dilakukan, salah satunya audiensi ini. 


Ia berharap dengan adanya kegiatan audiensi ini dapat menampung ide dan gagasan semua unsur terkait pelaksanaan MTQ demi mewujudkan kelancaran dan kualitas even tersebut. 


Bupati berharap kepada seluruh OPD dan stakeholder yang ada untuk bekerjasama dalam menyukseskan perhelatan akbar ini. Selain itu, Bupati juga berharap Solok Selatan mampu mengukir prestasi dalam even ini nantinya. 


"Kita harus lebih siap menjadi tuan rumah, menyukseskan pelaksanaan MTQ dan meraih prestasi tentunya," tegas bupati. 


Kabupaten Solok Selatan akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional XL pada Tahun 2023, berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor: 451-996-2021 tentang Penetapan Kabupaten Solok Selatan sebagai Tuan Rumah MTQ TK Sumatera Barat ke-XL Tahun 2023. 


Sementara itu, Kepala Biro Bina Mental Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabag Kesra, Dr. Elsandra Eka Putra, menceritakan bagaimana Solok Selatan dipercaya menjadi tuan rumah.


Pada rapat awal, beberapa kabupaten telah mengajukan diri sebagai tua rumah, namun pada saat rapat finalisasi, hanya Kabupaten Solok Selatan yang langsung dihadiri Wakil Bupati H Yulian Efi, ini adalah penilaian tersendiri bagi pemrov.


Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa dalam pelaksanaan MTQ ke-XL di Solok Selatan, Pemerintah provinsi Sumatera Barat menyediakan anggaran + 7,5 M. Persiapan awal ini, beberapa poin penting disampaikan antara lain apa saja yang harus dipersiapkan, seperti tim kerja, siapa saja yang akan menjadi panitia daerah, yang akan ditetapkan dalam SK Gubernur dan diterbitkan pada awal Tahun 2023. 


Selain itu, penentuan lokasi pertandingan lomba juga sangat penting, harus memenuhi syarat tertentu serta hal lainnya seperti penyambutan tamu, baik tamu dari dari provinsi sumbar dan Nasional.


Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumbar yang diwakili oleh Kabid Penerangan Masyarakat, Yufrizal, menjelaskan teknis pelaksanaan MTQ. Sekira bulan Oktober atau November 2023 pelaksanaan MTQ, diharapkan seluruh sarana prasarana bulan September harus selesai. 


Selain itu proses pendaftaran peserta dimulai 1 September 2023, sesuai Juknis, Cabang yg diperlombakan 12 cabang, 32 Golongan pada tahun 2023 dan diharapkan 17 Lokasi sudah di tetapkan oleh Pemkab Solok Selatan.


Dalam penyediaan tempat, hal yang harus dipertimbangkan adalah fasilitas umum dan ketersediaan tempat, parker.


Selain itu, dalam program kemenag Sumatera barat, Solok Selatan akan dijadikan pilot projec terkait Revitalisasi Khasanah Surau, yang didalamnya ada program tahfidz, sebut Yufrizal. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update