Notification

×

Iklan

Hari Kanker se-Dunia Diperingati di Solok

Sabtu, 05 Februari 2022 | 17:07 WIB Last Updated 2022-02-05T10:27:32Z

Peringatan hari kanker se-dunia di Kab.Solok.

Kabupaten Solok, Rakyatterkini.com - Guna memperingati hari kanker se-dunia, Pemkab Solok telah melaksanakan beberapa kegiatan. Adalah GERTAK PTM (Gerakan Serentak Penanganan Penyakit Tidak Menular).


Demikian dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Zulhendri,  dalam laporannya pada peringatan hari kanker se-dunia, Jumat (4/2/2022) di Puskesmas Singkarak.


Disebutkan, kasus kanker payudara di kabupaten ini berjumlah 187 orang pada tahun 2019. Dan, pada tahun 2020 turun menjadi 25 kasus. Kemudian, diakhir tahun 2021 naik lagi menjadi 71 kasus.


"Sekaitan dengan kasus itu, kita sudah instruksikan semua sektror kesehatan, untuk memasang spanduk dan umbul-umbul  tentang peringatan hari kanker se-dunia," tegasnya lagi.


Selain itu, juga telah disebarkan alat peraga kepada seluruh Puskesmas, sehingga pelayanan bisa lebih luas. Diharapkan, kegiatan ini berjalan dengan baik.


Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj Emiko Epyardi Asda dalam launching kegiatan itu, mengemukakan, kanker merupakan masalah kesehatan di dunia maupun nasional. Ia menyebutkan di Indonesia berasarkan data Globocan tahun 2020 kasus baru kanker sebanyak 396,914 dengan kematian sebanyak 234, 511 orang.


Diharapkan, pada peringatan ini dapat meningkatkan, mendorong dan mengajak semua pihak terkait untuk bekerjasama menciptakan penanggulangan kanker yg adil dan merata. 


"Semoga peringatan hari kanker se dunia tahun 2022 ini, khususnya di tingkat kabupaten dapat berkontribusi maksimal dalam upaya melawan kanker," harapnya. (Hardean)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update