Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dongkrak Ekonomi, Pemkab Usung Diklat Sulaman Sum Timbul

Jumat, 04 Februari 2022 | 18:02 WIB Last Updated 2022-02-04T11:02:08Z

Peserta Diklat sedang mengikuti arahan dari instruktur.
 

Padang Aro, Rakyatterkini.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan lewat Dinas Perindustrian, Pedagangan dan Koperasi bekerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Padang, gelar pendidikan dan pelatihan (Diklat). 


Kegiatan itu dikemas dalam kegiatan Diklat 3 in 1 yakni hiasan busana dengan alat jahit tangan angkatan II (sulaman sum timbul) di Aula Kantor Wali Nagari Lubuk Gadang Timur, Jumat (4/2/2022).


Kegiatan tersebut dibuka Ketua Dekranasda Solok Selatan, Ny. Erniati Khairunas yang didampingi Kadis Perindagkop, Akmal Hamdi, SH., Camat Sangir, Pj Wali Nagari dan perangkatnya serta perwakilan BDI Padang.


Dalam sambutanya, Erniati Khairunas berharap dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, dapat menciptakan wirausaha baru, peningkatan daya saing melalui peningkatan keterampilan, khususnya sulaman sum timbul. 


Ia berpesan kepada peserta untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Setelah pelatihan ini, hendaknya siap bekerja secara mandiri dengan bekal soft skil yang diperoleh. 


"Terutama generasi muda, generasi milenial untuk mengembangkan keterampilan yang diperoleh dengan melakukan inovasi-inovasi," tuturnya lagi.


Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Diklat  BDI Padang, Sri Mulyati, SH, M.Pd., mengungkapkan tujuan diadakannya Diklat ini adalah memberikan pengetahuan, keterampilan serta wawasan kepada peserta mengenai sulaman timbul. Sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten di bidang sulaman.


Pelaksanaan Diklat dimulai tanggal 4 Februari 2022 hingga 21 Februari 2022 yang diikuti 40 peserta dari Nagari Lubuk Gadang Timur, dengan pembiayaan dari BDI Padang.


Sementara itu, Afrilda Yulianti, yang juga pelatih Sulaman Sum Timbul, menyebutkan, ini salah satu upaya untuk mengembangkan dan melestarikan kerajinan daerah. Dia juga berharap dapat selalu membina calon pengrajin di Solok Selatan, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. (Alwis)




IKLAN



×
Berita Terbaru Update