Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

BNPB Optimis 2022 Ini Pandemi Covid-19 Berakhir di Indonesia

Sabtu, 19 Februari 2022 | 12:54 WIB Last Updated 2022-02-19T05:54:22Z

Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto, pada suatu kegiatan.


Jakarta, Rakyatterkini.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Mayjen TNI Suharyanto mengatakan, optimistis pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama dua tahun lebih bisa berakhir tahun ini. 


"Kita ketahui bersama 2022 ini masih masuk tahun pandemi. Sudah diputuskan lewat keputusan presiden. Artinya, walaupun sudah dua tahun kita bergulat, bertempur melawan Covid-19 sampai awal tahun 2022 ternyata belum berakhir. Mudah mudahan ini tahun terakhir," kata Suharyanto, pada apel pembagian masker kepada masyarakat di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Sabtu (19/2/2022). 


Suharyanto mengatakan pemerintah pusat sudah melakukan kajian, evaluasi dan analisis agar pandemi Covid-19 bisa secepatnya dinyatakan berakhir di Indonesia, seperti Swedia dan Denmark yang telah menyatakan lebih dulu pandemi Covid-19 telah berakhir.


"Kita juga sebagai bangsa akan menuju ke sana karena kita tidak mau juga terkepung terus dengan pandemi ini. Waktunya kapan itu akan melalui analisis dan evaluasi yang mendalam dan tentu saja kita lihat angka kasusnya," bebernya, seperti dilansir kompas.com. 


Meski optimis berakhir tahun ini, Suharyanto belum bisa memastikan hal tersebut bisa terjadi. "Tapi, itu belum bisa dipastikan, harus berdasarkan nanti pemerintah akan mengambil kebijakan itu setelah melaksanakan rapat-rapat koordinasi, mendapat masukan dari para pakar dan etimologi sehingga langkah yang diambil ini tepat.


Suharyanto menambahkan, negara-negara lain bisa mengumumkan pandemi berakhir lantaran ukuran negaranya tidak seluas Indonesia dan jumlah penduduknya tidak sebanyak Indonesia.


"Sangat jauh berbeda, kita ini besar negaranya. Yang menyatakan berakhir pandemi itu kecil-kecil negaranya. Denmark itu hanya beberapa juta penduduknya." (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update