Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Berjalan Sukses, MPTB BUMDes Bina Karya Dihadiri Plt Bupati dan Sekda Kuansing

Rabu, 16 Februari 2022 | 06:46 WIB Last Updated 2022-02-15T23:46:24Z

MPTB BUMDes Bina Karya Desa Muara Bahan tahun buku 2021.


Kuansing, Rakyatterkini.com  -  Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, memberikan apresiasi kepada BUMDes Bina Karya di Desa Muara Bahan, Kecamatan Singingi Hilir, Kuansing, Riau terus mengalami kemajuan yang saat ini memiliki aset sebesar Rp14,6 miliar.


"Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Karya, Desa Muara Bahan ini cukup berkembang patut dijadikan contoh yang baik bagi desa lain," kata Suhardiman Amby, saat menghadiri acara MPTB BUMDes Bina Karya, Senin 14 Februari 2022.


Menurut dia, BUMDes Bina Karya sudah berhasil mencarikan keuntungan yang luar biasa, yang mana di Desa Muara Bahan ini keberadaan BUMDes sudah berjalan sesuai rencana usaha yang memberikan keuntungan bagi masyarakat dan desa.


"Tujuannya adalah meningkatkan perekonomian desa dan perekonomian masyarakat. Oleh karenanya, BUMDes Bina Karya ini mesti kita dukung, harus dibantu, terutama masyarakat Muara Bahan itu sendiri harus bersama-sama memajukan BUMDes," ungkapnya. 


Pada kesempatan acara MPTB yang juga dihadiri Sekda Kuansing Dedy Sambudi itu, Kades Muara Bahan, Ma'sum, dalam laporannya mengatakan, eksistensi BUMDes Bina Karya di Desa Muara Bahan turut mendukung perekonomian desa. Karena itu, masyarakat desa dapat merasakan manfaat keberadaan BUMDes.


Dikatakan, pada Musyawarah Pertanggungjawaban BUMDes (MPTB) Bina Karya tahun buku 2021 ini pengelola berhasil membukukan laba sebesar Rp341 juta. Pendapatan itu diperoleh dari usaha yang dijalankan BUMDes diantaranya, usaha simpan pinjam, perkreditan barang dan online, jual beli buah sawit dan perkreditan sapi.


"Alhamdulilah BUMDes Bina Karya desa Muara Bahan ini terus mengalami kemajuan. Dibanding tahun lalu, pendapatan laba tahun ini ada peningkatan sekitar 11 persen, yang mana di tahun buku 2021 kita meraih laba Rp341 juta. 


Laba ini kita distribusikan untuk cadangan modal sebesar 23 persen, PADes 10 persen, dana sosial 7 persen, peningkatan SDM 5 persen, bonus pengelola 8 persen, biaya MPTB 12 persen, doorprize 35 persen. Jadi itu rincian pendistribusian laba bersihnya," kata Ma'sum.


Sementara Direktur BUMDes Bina Karya, Ayatun, dikesempatan yang sama menambahkan, selain mengelola sejumlah unit usaha yang ada, untuk pengembangan usaha ke depan pihaknya akan melakukan berbagai terobosan, salah satunya pembukaan unit usaha baru yakni berdagang pupuk dan alat pertanian.


"Usaha penjualan pupuk dan alat pertanian kalau kita jalankan saya rasa cukup potensi karena mayoritas masyarakat Muara Bahan berprofesi sebagai petani dan pekebun. Mudah-mudahan wacana ini bisa terwujud, karena pemerintah desa pun sangat mendukung untuk kemajuan BUMDes Bina Karya ini," ujarnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update