Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Anak Harus Bisa Hafiz, Ini Keinginan Bupati Agam

Minggu, 13 Februari 2022 | 22:45 WIB Last Updated 2022-02-13T15:47:30Z

Peserta pawai di Agam.


Agam, Rakyatterkini.com – Pemerintah Kabupaten Agam terus mendorong generasi muda untuk meningkatkan bacaan ayat suci Alquran. Program ini digaungkan Bupati Andri Warman, sejak kepemimpinannya.


Ia meminta meski sudah khatam, namun tetap membaca Alquran harus selalu dilakukan, supaya kemampuan bacaannya lebih maksimal.


“Jika perlu, ditingkatkan kemampuannya dengan belajar tahfiz. Kita mendukung untuk itu,” kata Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman saat melepas Pawai Khatam Alquran di Muaro, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Minggu (13/2/2022)


Andri Warman menyebutkan, khatam Alquran kelihatannya memang hal yang sederhana, namun sangat dalam maknanya. Karena, itu bukti bahwa anak telah selesai belajar membaca ayat suci Alquran.


Bila mengamati filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, generasi di Minangkabau, harus mampu membaca Alquran, berikut dengan memahami isi kandungan dari ayat suci itu yang jadi pedoman dalam menjalani kehidupan di dunia.


“Untuk bisa memahami isi kandungan ayat suci Alquran, tentu anak-anak kita harus bisa hafiz,” sebut bupati yang akrab disapa AWR ini.


Dengan begitu, katanya, untuk belajar hafiz bisa memberdayakan rumah tahfiz yang ada di nagari, dalam melahirkan para hafiz dan hafizah di Kabupaten Agam.


“Kita menargetkan minimal satu nagari satu rumah tahfiz, namun sesuai pendataan yang dilakukan ada 133 rumah tahfiz dari 82 nagari,” jelasnya.


Rumah tahfiz di Kabupaten Agam melebihi jumlah nagari, bahkan satu jorong ada memiliki 2-3 rumah tahfiz.


“Dijadwalkan pekan depan kita akan jalin kerjasama bersama Kantor Kemenag dan MUI Agam dalam pengembangan belajar tahfiz ini,”harapnya. (Vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update