Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tentang Sapi Bantuan yang Kurus, Ini Keterangan Disnak Sumbar

Rabu, 05 Januari 2022 | 18:28 WIB Last Updated 2022-01-05T11:28:39Z

Sapi bantuan.


Padang, Rakyatterkini.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat, menyediakan 2.000 sapi, yang terdiri dari 1.500 lokal, 500 dari luar Sumbar untuk pengadaan sapi.


Tentang sapi yang diterima Kelompok Tani Cinangkiak Jaya, Jorong Tampunik, Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, kurus kering, ditangapi oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar.


"Dalam penyediaan sapi, dinas peternakan menyediakan berdasarkan tinggi, umur, bukan berat sapi, "ujar Sekretaris Disnak dan Kesehatan Hewan Sumbar, M. Kamil, Rabu 5 Januari 2022.


Dikatakan, sebelum diserahkan kepada penerima, sapi terlebih dahulu dicek oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. 


"Silahkan dicek kembali keadaan sapi tersebut, serta dicek pula ke tempat kelompok penerima yang lain, "terang sekretaris dinas.


Setelah adanya keluhan masyarakat itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat, datang langsung ke lapangan, Senin 3 Januari 2022, bersama tim terdiri dari Kepala Bagian Produksi dan Teknologi, sekalian Kuasa Penyelengaraan Anggaran (KPA)/pimpro, kesehatan hewan, instansi terkait serta penyeleksi yang berasal dari Purwakarta dan Medan, selanjutnya diistirahatkan di holding ground.


Selanjutnya tim yang terdiri dari Dinas Peternakan Provinsi, Dinas Peternakan kabupaten seleksi kembali sapi yang masuk, kata Kabag Produksi dan Teknologi, KPA/Pimpro, Damaryanti.


Diceritakan, dalam kesempatan tersebut kelompok penerima mengatakan tidak semua menolak. Sapi yang kecil, serta sapi yang sakit minta diganti. "Alhamdulillah dengan komunikasi yang baik, penerima menerima dengan baik, "kata Damaryanti.


Dikatakan, jika sapi dalam keadaan sakit tidak mungkin rumput yang diberikan habis semua. Setelah dinyatakan sehat, sapi diserahkan kepada anggota masing-masing untuk dipelihara. "Setelah diserahkan masing-masing penerima, mereka merasa senang, "ujar Damaryanti.


Disampaikan, sapi terlihat kurus dikarenakan lamanya dalam perjalanan, ditambah pula di holding groun. Asupan makanan yang kurang membuat keadaan sapi kurang maksimal. Apabila kesediaaan rumput yang maksimal membuat sapi tersebut menjadi gemuk, katanya. (yos)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update