Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

HUT Baznas Pasbar ke-21, 'Program Peduli Mustahik', Rp2 Miliar Disalurkan

Jumat, 14 Januari 2022 | 20:57 WIB Last Updated 2022-01-14T13:57:01Z

Wakil Bupati Risnawanto, didamping Ketua Baznas dan empat komisioner dalam silaturahmi dengan wartawan di kantor Baznas, Simpang Empat. (junir sikumbang)


Pasbar, Rakyatterkini.com - HUT Baznas Pasaman Barat ke-21 yang jatuh pada 17 Januari 2022 besok (17 Januari 2021-17 Januari 2022) akan melakukan 'Baznas Peduli' di tiga Kecamatan di Pasaman Barat.


Ketua Baznas Pasaman Barat, Muhajir, didampingi empat Komisioner Sutarman, Muhammad Jamil, Setarman, Agusli menyampaikan hal itu  dalam silaturahmi dengan wartawan di kantor Baznas Pasaman Barat Simpang Empat, Jumat (14/2/2022).


Pada HUT Baznas dengan mengambil tagline 'Lembaga Utama Mensejahterakan Rakyat' itu akan menyambangi mustahik di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Koto Balingka, Pasaman dan Talamau. "Belum bisa semua Kecamatan kita sambangi pada  peringatan HUT kali ini karena masih suasana Covid-19," kata Muhajir.


"Insya Allah 17 Januari besok kita akan menyambangi 40 mustahik (penerima zakat)  di Tinggam Kecamatan Talamau," sebut Muhajir.


Dia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pasaman Barat atas sokongan terhadap Baznas dalam penjalankan program sebagai lembaga pengelola zakat nasional.


"Tanpa sokongan Pemkab Pasbar sulit kami bisa sukses. Kalau selama ini baru dikelola zakat ASN, maka besok kita akan melakukan inovasi men gelola zakat pihak swasta di Pasaman Barat," kata Muhajir.


Menurut dia, Baznas dengan kepengurusannya baru berjalan 4 bulan. Masih banyak kekurangan yang harus dibenahi sana-sini. Oleh karenya dia butuh masukan yang konstruktif  dari rekan-rekan  pers untuk perbaikan Baznas di masa depan.


Selama empat bulan itu sudah Rp2,12 miliar dana Baznas yang disalurkan kepada mustahik. Melalui program Pasaman Cerdas 605 mustahik  dengan santunan Rp767.500.000. 


Pasaman Barat sehat (berobat) telah disalurkan 296 mustahik dengan santunan Rp444.500.000. Program Pasbar Iman dan Taqwa dengan santunan untuk mualaf 3 mustahik Rp15 juta.


Program Pasbar Peduli kebakaran 5 mustahik Rp18 juta. Pasaman Barat sejahtera (bedah rumah) 23 mustahik Rp439 juta. Bantuan modal usaha 164 mustahik dengan bantuan Rp328 juta. Total mustahik 1.097 mustahik dengan total dana yang sudah didistribusikan sebesar Rp2.012. 000.000. 


Untuk mendukung kinerja Baznas pihaknya juga telah membentuk UPZ (unit pengumpul zakat) di tingkat kecamatan.


Wakil Bupati Risnawanto yang turut hadir dalam peringatan HUT Baznas ke 21 tersebut mengapresiasi kinerja Baznas. Sebab bantuan keagamaan dari Pemkab sudah mulai berkurang. Makanya, dengan adanya program dari Baznas pemerintah daerah sangat terbantu.


"Pemerintah Daerah  merasa terbantu dengan Baznas Pasaman Barat dalam mewujudkan visi dan misi Pemkab Pasaman Barat untuk mensejahterakan masyarakat dengan program-program  Baznas, diantara Pasbar Cerdas, Pasbar Sehat, Pasbar Peduli Bencana dan lainnya. 


Risnawanto menekankan agar Baznas berinovasi mengumpulkan zakat dari muzaki (pemberi zakat) pihak swasta jangan hanya terpaku dengan zakat ASN saja. Misalnya bank-bank, perusahaan perkebunan agar menyalurkan zakatnya melalui Baznas.


"Potensi SDM dan SDA kita Pasaman Barat cukup luar biasa, oleh karenanya silakan Baznas berinovasi dalam mengumpulkan zakat," kata dia.


Pada HUT itu Baznas Pasbar juga memberikan piagam penghargaan kepada Pemkab Pasaman Barat yang diterima Wakil Bupati H Risnawanto yang telah ikut berperan mendukung program Baznas Pasaman Barat. 


Pada kesempatan itu Pemkab Pasbar juga memberikan penghargaan kepada lembaga pengumpul zakat Darul Hikmah Pasaman Barat.  (junir sikumbang)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update