Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 3 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.828 45 101.434 2.349
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Ada-ada Saja Bupati Khairunas Serap Informasi, Ini Kiatnya

Sabtu, 29 Januari 2022 | 21:09 WIB Last Updated 2022-01-31T01:23:27Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, gowes komunitas sepeda serap informasi

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Gowes Jajaran Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bersama masyarakat komunitas sepeda, dengan start depan Kantor Bupati Solok Selatan menuju objek wisata Goa Batu Kapal (GBK) di Kecamatan Sangir Balai Janggo, Sabtu (29/01/2022), dimulai.


Selain memasyarakatkan olahraga sepeda, rute yang menyusuri jalan berliku itu, juga menyuguhi Panorama Bukit Manggis. Sesekali ada tanjakan dan turunan menjadi medan yang menantang bagi peserta gowes. 


Tak hanya menikmati pemandangan alam, kegiatan gowes juga merupakan salah satu upaya Pemkab untuk menggali lebih lanjut informasi yang terkait dengan pelayanan kepada masyarakat.


Di sela-sela gowes ini, bupati, wakil bupati, Forkopimda, kepala OPD melakukan kunjungan ke beberapa sekolah. Salah satunya adalah SMPN 28 Kecamatan Sangir Balai Janggo, yang merupakan salah satu sekolah penggerak tingkat SMPN.


Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan kepada siswa dan majelis guru, bahwa siswa siswi adalah calon pemimpin Solok Selatan di masa mendatang. Selain sekolah penggerak, hendaknya juga dibarengi dengan guru penggerak, sehingga program yang dijalankan berbanding lurus dengan prestasi. Tantangan ini hendaknya disikapi dengan positif.


"Sekolah boleh diujung kecamatan atau kabupaten, tetapi pendidikan dan prestasi tidak boleh diujung pula,"  tegas Bupati Khairunas. 


Bupati juga melihat secara langsung kondisi sekolah dan berdialog dengan kepala sekolah dan majelis guru, seperti pada SDN 04 Sungai Takuak, kepala sekolah menjelaskan kondisi sekolah, guru dan murid. 


Dihadapan wakil bupati, Sekdakab, bupati memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan Syamsuria, S.Pd, MM., untuk selalu dan rutin turun ke lapangan untuk mengecek kondisi sekolah. Juga mengecek sarana dan prasarana sekolah yang ada di Solok Selatan.


Terkait kurangnya tenaga pengajar seperti disampaikan kepala SDN, bupati juga memerintahkan Kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Irwandi Osmaidi untuk mempercepat terkait pemenuhan guru di SDN tersebut dan juga sekolah-sekolah lainnya.


Setibanya di GBK, bupati dan rombongan komunitas sepeda serta beberapa anggota DPRD Solok Selatan, disuguhi penampilan seni oleh sanggar seni silat tradisional dan randai Gadiang Batuah, penampilan kuda lumping Tarunggo Mudo sambil menikmati hidangan kelapa muda. 


Dalam pengarahan, Bupati Solok Selatan H. Khairunas, menyebut ini adalah launching Gowes Sepeda Solok Selatan. Ke depan, kegiatan gowes ini akan diselenggarakan dua kali dalam sebulan. Selain itu, juga akan melibatkan ASN untuk gowes bersama, tujuannya adalah untuk lebih dekat dengan masyarakat.


Terkait kunjungan ke GBK, Bupati menjelaskan bahwa kunjungan ini kedua kalinya. Hendaknya dapat menjadi bahan evaluasi untuk pengembangan objek wisata GBK. Dengan luas tanah kawasan GBK, yang hampir 27 ha, bisa dijadikan taman buah, sehingga menjadi kawasan objek wisata terpadu. (Alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update