Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 3 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.828 45 101.434 2.349
sumber: corona.sumbarprov.go.id

417 Unit Rumah di Garagahan Nikmati Sarana Air Minum Gratis

Jumat, 28 Januari 2022 | 21:29 WIB Last Updated 2022-01-28T14:29:41Z

Kantor Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Agam.


Agam, Rakyatterkini.com - Sebanyak 417 rumah warga di Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Agam akan menikmati sambungan sarana air minum gratis, melalui program peningkatan jaringan air minum yang sumber dari anggaran DAK tahun 2022.


Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Agam Ofrizon, melalui Kabid Cipta Karya Widodo, Jumat 28 Januari 2022.


Program ini akan direalisasikan Pemkab Agam melalui Dinas PUTR, dan digunakan untuk meningkatkan kesehatan, serta kesejahteraan masyarakat melalui upaya penyediaan air minum yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

 

"Program ini guna membantu masyarakat memasang instalasi air bersih yang terkendala karena biaya pemasangan," jelasnya.


Dengan adanya program tersebut, masyarakat mendapatkan layanan instalasi air minum secara gratis, termasuk sambungan ke tempat ibadah seperti surau, mushala dan masjid.


Lebih lanjut dijelaskannya, tanggung jawab program ini sebatas pemasangan dari pipa induk hingga meteran di pekarangan penerima program, katanya menjelaskan.


Meski pemasangannya gratis, namun tagihan tiap bulan tetap menjadi tanggung jawab dari pemakai air bersih atau penerima program. 


“Program ini tidak dipungut biaya pemasangan sampai meteran termasuk biaya administrasi. Namun untuk penyambungan pipa dari meteran hingga ke setiap kran air dalam rumah dan biaya tagihan pemakaian bulanan nantinya tetap bayar dan menjadi tanggung jawab penerima program,” jelas Widodo lagi.


Untuk pelaksanaan program tersebut, saat ini pihaknya tengah membuat perencanaan, setelah itu akan segera diajukan untuk proses tender.


"Dalam waktu dekat ini akan dimulai pelaksanaan tender kegiatan tersebut, dan kita perkirakan pelaksanaan pisiknya paling telat pertengahan tahun ini."


Sementara itu, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Antokan Agam, Hendri Chaidir, mengatakan, dengan adanya program sambungan sarana air minum gratis ini data pelanggan PDAM Tirta Antokan Agam akan bertambah menjadi lebih dari 15 ribu sambungan rumah.


"Hingga Desember 2021 jumlah pelanggan PDAM Tirta Antokan sebanyak 14.721 sambungan," kata Hendri Chaidir.


Dengan mendapatkan program peningkatan jaringan air minum dari aliran air bersih yang dikelola oleh PDAM Tirta Antokan Agam, masyarakat diharapkannya bisa menghemat penggunaan air, apalagi disaat beban puncak, yakni di pagi hari serta di sore hari.


"Kita harapkan kepada masyarakat untuk menggunakan air secara bijaksana, tutup keran air dengan benar setelah digunakan, serta bayarlah tagihan secara tertib sesuai penggunaan,” harap hendri lagi.


Walinagari Garagahan Darmalion menyampaikan terima kasih terhadap program ini, yang juga merupakan wujud kepedulian Pemkab Agam. “Ini sangat bermanfaat bagi pemenuhan air bersih warga yang ada di Nagari Garagahan,” katanya. (Vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update