Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

2023 Dermaga Teluk Tapang Beroperasi, Air Bangis Jadi Kawasan Industri Terbesar di Sumatera

Rabu, 12 Januari 2022 | 11:34 WIB Last Updated 2022-01-12T04:34:47Z

Inilah Dermaga Teluk Tapang yang akan beroperasi 2023.


Pasbar, Rakyatterkini.com - Nagari Air Bangis, Pasaman Barat akan jadi kawasan industri terbesar di Sumatera. Saat ini 30,162 hektare lahan kawasan industri telah tersedia di Air Bangis yang siap untuk dibangun oleh salah satu investor.  


Kawasan Pelabuhan Teluk Tapang Air Bangis, Pasaman Barat, Sumbar diprediksi akan beoperasi pada 2023. Kawasan itu akan jadi pintu masuknya perdagangan internasional.


Keberadaan dermaga sebagai pintu masuk pasar internasional itu, tentu akan memberikan dampak multiplier effect kepada masyarakat Pasaman Barat dan Sumatera Barat umumnya. 


Karena pintu masuknya perdagangan bebas antar negara yang strategis tersebut, segera akan selesai. Fasilitas penunjang seperti jalan dan fasilitas lainya juga sedang disiapkan.


"Ya sesuai jadwal Insya Allah pembangunan dermaga dan sarana prasarana pendukung pelabuhan Teluk Tapang akan selesai pada tahun 2023 dan sudah beroperasi, "kata Kepala Bappeda Pasaman Barat, Harlina Syahputri, didampingi Kabid Budaya dan Sosial Sasmita Siregar, kepada Rakyatterkini.com, Rabu 12 Januari 2022.


Dia bersama timnya, telah beberapa kali turun menelusuri lokasi pembangunan Teluk Tapang, agar proses percepatan pembangunannya segera ranpung. Saat ini masih ada sekitar 22 Km akses jalan ke lokasi tersebut yang belum tuntas, dan akan dikerjakan tahun 2022 ini.


Disebutkan, dengan beroperasinya Pelabuhan Teluk Tapang itu, tentu akan berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitarnya, terbukanya lapangan kerja baru, dan sumber peluang perekonomian baru bagi masyarakat. 


Investasi akan mudah masuk ke Pasaman Barat dengan terbuka akses melalui jalur laut, sehingga memberi dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitarnya.


"Ya kita dari pemerintah daerah akan selalu mendorong pemerintah pusat melalui Pemprov Sumbar, agar percepatan pembangunan Teluk Tapang terus dikebut, agar manfaatnya segera dirasakan dan  dinikmati masyarakat, termasuk dengan mempermudah masuk investasi ke Pasaman Barat, karena memberikan dampak positif terhadap peningkatan derajat kehidupan masyarakat, "tukas Harlina. (junir sikumbang)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update