Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wagub Tutup Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XXIX

Kamis, 02 Desember 2021 | 21:53 WIB Last Updated 2021-12-02T14:53:18Z

Wagub Audy Joinaldy, bersama Kepala BPSDM Sumbar Bustavidia.

Padang, Rakyatterkini.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menutup pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III angkatan XXIX, sekaligus pembukaan Diklat Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan Tingkat Dasar di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.


Sesuai UU Nomor 5 Tahun 2014, ASN wajib mengikuti masa percobaan yang telah dilaksanakan melalui proses pelatihan terintegrasi untuk membangun integritas moral. Kejujuran semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan serta karakter kepegawaian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang, katanya saat penutupan di Padang, Kamis 2 Desember 2021.


Ia mengatakan setiap CPNS wajib mengikuti masa prajabatan selama satu tahun sejak tanggal pengangkatan dan hanya bisa diikuti satu kali.


Dalam masa itu perlu diberikan pelatihan yang inovatif dan terintegrasi memadukan pembelajaran klasikal dan non klasikal di tempat pelatihan dan tempat kerja sehingga memungkinkan peserta mengaktualisasikan dan menjadikannya sebagai kebiasaan sehingga diharapkan bisa menjadi profesional dalam memberikan pelayanan.


Pelatihan dasar bertujuan untuk mengembangkan kompetensi PNS yang dapat dilihat dari jiwa bela negara dan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam jabatan.


Saat ini arus globalisasi sudah merambah seluruh dunia termasuk Indonesia, disertai perkembangan teknologi era 4.0. Masa ini disebut juga masa penggerusan. Banyak yang tergerus di sendi masyarakat termasuk banyak pekerjaan yang bisa hilang. 


Menghadapi tantangan ini perlu ditingkatkan daya saing. PNS adalah aset negara yang perlu dikembangkan kompetensinya sesuai tuntutan bidang dan jabatan.


Namun Audy mengingatkan untuk tidak berhenti dalam meningkatkan kualitas diri karena ilmu selalu berkembang. "Tetap lanjutkan. Karena dengan belajar bisa mengisi dan meningkatkan kemampuan," pesannya.


Sementara itu Kepala BPSDM Sumbar Bustavidia mengatakan dari seluruh peserta ada dua orang yang mengundurkan diri.


Diharapkan apa yang didapatkan selama pelatihan ini bisa diterapkan dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan publik.


Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan diklat teknis pengadaan barang dan jasa pemerintahan tingkat dasar di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar. Ikut dalam kegiatan tersebut dua orang pejabat eselon II. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update