Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wagub Apresiasi Vaksinasi Covid-19 Solok Selatan Terus Meningkat

Minggu, 05 Desember 2021 | 17:34 WIB Last Updated 2021-12-12T02:27:53Z

Wakil Gubernur Audy Joinaldy.

Solok Selatan, Rakyatterkini.com  -  Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi mengapresiasi masyarakat Solok Selatan yang peduli dalam upaya bersama menangani pandemi Covid-19. 


Menurut Wagub Sumbar, masyarakat sudah makin paham bahwa pandemi ini memang sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan kesadaran bersama.


"Masyarakat Solok Selatan cerdas dan sadar akan bahayanya Covid-19. Masyarakat di sini semua ingin sehat dengan mengikuti vaksin massal," kata Audy Joinaldy.


Itu dikatakan Wagub Audy Joinaldy saat membuka gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di lapangan RTH Padang Aro, Solok Selatan, Minggu (5/12/2021).


Demikian juga dalam hal kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) 5M. Tak berbeda juga untuk program vaksinasi. Berbagai kegiatan vaksinasi yang dilakukan pemerintah, TNI dan Polri bekerjasama dengan Universitas Andalas (Unand) selalu ramai peminat.


Audy Joinaldy mengatakan, saat ini capaian vaksin di Kab. Solok Selatan baru 60 persen. Untuk mengejar target vaksinasi Pemkab Solok Selatan bersama Forkompinda setempat terus menggelar kegiatan vaksinasi dengan mendatangi warga di setiap nagari. 


Ini mempunyai nilai ungkit yang sangat luar biasa dalam pencapaian vaksinasi Covid. Dimana awalnya Sumatera Barat menempati posisi 32 dari 34 provinsi, sampai dengan tanggal 3 Desember 2021, Sumatera Barat telah menempati posisi rangking 20. 


"Keberhasilan ini membuktikan secara nyata perlunya kolaborasi bersama antara lintas program dan lintas sectoral dalam upaya percepatan vaksinasi," terangnya.


Selain itu dengan adanya Dana Desa yang dapat digunakan untuk Nagari Tageh adalah peluang yang harus dimanfaatkan untuk bekerja keras memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 


Konsep Nagari Tageh yang akan diterapkan di seluruh Sumbar kedepannya memiliki beberapa indikator antara lain Tageh Kesehatan, Tageh Pangan, Tageh Ekonomi, Tageh Pendidikan, Tageh Paga Nagari, Tageh Keamanan dan Tageh Budaya.


Sementara itu Bupati Solok Selatan, Khairunas menyampaikan melaksanakan perekaman (record) data vaksinasi di 9 Nagari dari 7 kecamatan yang ada.


Kairunas yakin bisa mencapai target vaksinasi 70 persen pada akhir Desember 2021 harus dilaksanakan sebaik-baiknya.


"Saat ini saja, kita sudah mencapai 62 persen. Insya Allah bisa mencapai 70 persen," sebutnya.


Ia juga memaparkan beberapa kendala dalam vaksinasi seperti masyarakat yang belum divaksin semakin ke pelosok daerah, dikarenakan daerahnya susah dilalui oleh kendaraan.


"Untuk itu kami melakukan jemput bola dengan menjemput warga kami yang dipelosokan tersebut, " tukasnya. (gp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update