Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sektor Pariwisata, Pemdes Pasir Emas Bangun Perekonomian Masyarakat

Jumat, 03 Desember 2021 | 08:07 WIB Last Updated 2021-12-03T01:07:09Z

Distinasi wisata yang dibangun dengan Dana Desa Pasir Emas, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuansing, Riau.

Kuansing, Rakyatterkini.com  -  Kepala Desa (Kades) Pasir Emas, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau, Rikan Nugroho, mengungkapkan Dana Desa (DD) tahun 2022 diproyeksikan penggunaan untuk membangun distinasi wisata.


Melalui DD, pemerintah desa Pasir Emas mengalokasikan dana yang bersumber dari APBN itu, untuk menggali potensi wisata desa dengan membuat kolam pemancingan ikan, pusat kuliner dan pondok santai yang menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung.


Dikatakannya, pariwisata desa dibangun untuk memberdayakan peran serta masyarakat secara langsung dalam kepedulian menyikapi potensi pariwisata desa. 


Pembangunan pariwisata ini, menurut dia, akan mengurangi angka pengangguran dan membuka peluang usaha baru bagi pelaku UMKM yang ada di desa tersebut.


"DD tahun depan kita agendakan untuk pembangunan fasilitas dalam kawasan wisata kolam pemancingan ikan. Dengan harapan perekonomian masyarakat bisa meningkat. 


Jadi tujuannya selain untuk meningkatkan perekonomian, kita juga memanfaatkan SDM yang ada di desa," kata Rikan, saat bincang-bincang dengan media ini, Kamis 2 Desember 2021.


Menurut dia, pengembangan potensi pariwisata desa dalam bentuk pembangunan sarana parasaran sejalan dengan program pemerintah daerah dalam upaya pengembangan sektor pariwisata untuk peningkatan perekonomian masyarakat. 


"Karena itu, jika dikelola dengan baik sektor pariwisata bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun demikian, peran serta masyarakat untuk melestarikan dan menjaga fasilitas wisata ini sangat kita harapkan," ungkapnya.


Pengembangan wisata oleh pemerintah desa (Pemdes) itu, mendapat dukungan dari warga setempat. Dengan adanya objek wisata diharapkan dapat berdampak positif bagi kemajuan desa dan perekonomian masyarakat. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update