Notification

×

Iklan

Rumah Warga Hampir Roboh ke Sungai di Taratak Sutera

Sabtu, 18 Desember 2021 | 16:57 WIB Last Updated 2021-12-18T09:57:39Z

Rumah warga dikikis air dan nyaris roboh.


Painan, Rakyatterkini.com - Hujan deras membuat sungai Batang Timbulun, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, meluap. Akibat luapan sungai di Kampuang Air Terjun Taratak, Sabtu (18/12/2021), tebing sungai longsor, sehingga membuat rumah warga nyaris roboh.


Salah seorang pemilik rumah, Israel, (50) mengatakan, aliran sungai begitu deras dari pembuangan saluran SMKN 1 Sutera ke Muara Batang Surantih. Sebagian air sudah masuk ke pekarangan warga dan meluber hingga ke jalan-jalan.


Air yang naik sudah sampai ke jalan. Sebagian juga naik ke rumah warga. Sebagian tebing sungai ikut terkikis. 


Kepala kampung setempat Oseng, menerangkan, tidak ada kerugian dalam hal ini. Hanya ada satu rumah warga yang hampir tumbang ke dalam sungai Batang Timbulun.


Ini sudah hampir 10 bulan dialami warganya, baru sekarang sangat parah, ujarnya.


Akibat bencana ini, kerusakan rumah semakin parah. Pasangan batu saluran sungai telah runtuh. Rumah warga itu retak, tergantung, separoh dari sungai dikarenakan pasangan runtuh.


Ini sudah dilaporkan pihak Nagari Taratak, melalui pihak kecamatan, kepada dinas PSDA Pesisir Selatan, beberapa bulan lalu sudah diajukan profosalnya lewat kadis dan kabidnya. Namun sampai saat sekarang belum juga ada jawaban. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update