Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Puluhan Warga Desa Beringin Jaya Akhirnya Terima BLT-DD

Rabu, 01 Desember 2021 | 12:04 WIB Last Updated 2021-12-01T05:04:30Z

Perangkat Desa Beringin Jaya menyerah BLT-DD kepada warga.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Beringin Jaya, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, akhirnya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 30 keluarga penerima manfaat yang terdampak pandemi Covid-19. 


Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Beringin Jaya, Joni Masriadi, mengatakan, penyaluran BLT itu, sebelumnya sempat tertunda selama 9 bulan disebabkan kekosongan pejabat Kepala Desa definitif yang mengundurkan diri, sehingga terkendala terhadap proses administrasi keuangan Desa.


"Alhamdulilah, beberapa hari lalu BLT-DD di Desa Beringin Jaya sudah disalurkan ke masyarakat. BLT kita salurkan kepada 30 keluarga penerima manfaat, langsung untuk 9 bulan, yaitu dari bulan Maret sampai November. Masing-masing menerima Rp300 ribu per bulan," ujar Joni, Rabu 1 Desember 2021.


Joni menuturkan, usai dilantik sebagai penjabat Kades, dirinya langsung menggelar rapat dengan perangkat desa melakukan evaluasi program dan menggesa realisasi APBDes Beringin jaya. Karena diakuinya, serapan Dana Desa tahun anggaran 2021 sebelumnya masih nihil atau sama sekali belum terserap akibat kekosongan pejabat Kades.


"Jadi memang anggaran Dana Desa tahun 2021 sama sekali belum terealisasi, ini menjadi beban berat. Kita harus kebut karena waktu sudah mepet, tidak lama lagi tahun berganti. Ya, efektifnya sebulan lagi lah, Dana Desa ini harus terserap secara maksimal," jelas Joni yang juga menjabat sebagai Kasi Pemerintahan Kecamatan Singingi Hilir.


Dia menambahkan, di samping penyaluran BLT-DD dan pelaksanaan kegiatan PPKM tingkat Desa dimasa pandemi, ada satu program APBDes yang bakal direalisasikan menjelang akhir tahun ini, yaitu kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), membangun agrowisata kebun buah klengkeng.


"Dalam waktu dekat kita akan lakukan Musdes untuk pengesahan APBDes Perubahan. Setelah itu, langsung kita laksanakan pembangunan kebun lengkeng ini melalui program PKTD. Padat karya tunai adalah program pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini nanti akan memanfaatkan sumber daya, tenaga kerja lokal untuk menambah pendapatan dan menyejahterakan masyarakat, "ungkapnya.


Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat setempat, Pardi, menyampaikan apresiasi pada kinerja pemerintah desa Beringin Jaya terkait penyaluran BLT-DD yang memberikan dampak signifikan kepada masyarakat.


Pada masa pandemi ini banyak masyarakat yang terdampak. Dengan adanya BLT-DD sangat membantu ekonomi masyarakat. Meskipun penyalurannya sempat tertunda beberapa bulan karena kekokosongan Kades, dan setelah pemerintah menunjuk penjabat kades akhirnya masyarakat menerima bantuan itu. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update