Notification

×

Iklan

Ninik Mamak Berperan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Rabu, 01 Desember 2021 | 20:11 WIB Last Updated 2021-12-01T13:11:30Z

Gubernur Mahyeldi hadiri batagak gala.


Solok, Rakyatterkini.com - Peran ninik mamak untuk membimbing anak kemenakan dalam kebaikan telah menjadi bantuan besar bagi pemerintah nagari, hingga provinsi dalam menjalankan pemerintahan.


"Ninik mamak mengarahkan anak kemenakan pada jalan yang benar. Mendorong pada kegiatan positif sehingga banyak program dan kegiatan pemerintahan yang terbantu," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat menghadiri acara melewakan Gala Datuak Parpatiah Nan Hitam Suku Guci Nagari Muaro Pingai kepada Dodi Herman, di Kabupaten Solok, Rabu 1 Desember 2021.


Ia mengatakan setelah reformasi maka gerakan kembali ke nagari kembali digaungkan dan dilaksanakan di Sumbar. Hal itu dilakukan karena Pemprov Sumbar memahami bahwa bila nagari kuat, maka Sumbar juga akan kuat.


Di tambah lagi, pendidikan sosial budaya di nagari telah terbukti mampu menciptakan banyak tokoh nasional asal Minang pada masa perjuangan dan awal kemerdekaan.


Kalau dihitung persentase, jumlah masyarakat Minang hanya 5 persen dari masyarakat Indonesia. Namun jumlah tokoh yang dihasilkan jauh lebih banyak dari persentase itu.


Tradisi yang berkembang di nagari melatih generasi muda dalam kepemimpinan. Mampu bicara dan mampu mendengar. Karena pemimpin tidak hanya pandai bicara, tetapi juga harus bisa mendengar.


Selain itu, di nagari juga diberikan bekal silek. Silek dalam fisik adalah persaudaraan dalam batinnya adalah hubungan dengan Sang Maha Pencipta. Karena itu silek harus kembali dihidupkan di nagari-nagari.


Di nagari juga ada lapau yang mendidik generasi muda untuk memiliki wawasan luas dan neradu argementasi.


Ketua KAN Muaro Pingai berterima kasih atas datangan Gubernur dan semua undangan. Dalam kesempatan itu ia juga berharap setelah kegiatan itu akan ada lagi kaum yang membangkik batang tarandam. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update